Cara Mengolah Ikan Buntal

Info cara mengolah ikan buntal atau di jepang disebut ikan fugu agar enak di makan dan tidak beracun. Nah semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

Bagaimanakah ikan buntal itu ?

ikan buntal, src : google.com

Sedikit pengalaman beberapa waktu lalu waktu saya mancing di sekitaran laut belawan medan sumatera uatara, umpan waktu itu menggunakan daging udang, dengan teknik dasaran dan sesekali yang memakan umpan saya adalah ikan buntal.

Ikan buntal ini saat di bawa ke permukaan dia seketika mengembang dan membesar bagian bawah perutnya, dan karena kami semua tidak pandai mengolah ikan buntal ini maka di lepas lagi ke laut.

Sekedar info saja bahwa ikan buntal dikenal sebagai vertebrata yang sangat beracun kedua didunia setelah katak beracun emas, terutama pada bagian hati, dan kulitnya. Sedangkan, bagian daging banyak digunakan untuk makanan spesial di Jepang. Namun apabila ingin mengoalahnya pilihlah yang belum terkontaminasi.

Cara ikan buntal melindungi diri dari serangan pemangsa lain adalah dengan mengeluarkan duri-duri serta menggembungkan tubuhnya. Perubahan tubuh ikan buntal ini akan membuat hewan lain yang ingin memangsanya menjadi takut lalu kabur.

Ikan buntal dapat menggembungkan tubuhnya hingga tiga kali lebih besar dari ukuran tubuh normalnya. Namun bagi and ajangan khawatir, ikan buntal yang banyak di jumpai di laut Indonesia, duri-duirnya tidaklah berbahaya untuk di pegang karena saya sering memegangnya ketika strike.

Namun gigi ikan buntal ini lumayan tajam, dan beberapa kali tali leader pancing saya di buat putus karena di gerogoti oleh giginya.

Ikan Buntal di laut, src: bobo.grid.id

Namun tahukah anda ternyata ikan buntal ini menjadi olahan makanan yang bermutu tinggi dan lumayan mahal harganya di jepang. Namun sekali lagi ikan Fugu dapat sangat beracun karena mengandung tetradotoxin, karena itu harus hati-hati penyediaannya untuk menghilangkan bagian yang beracun agar tidak mengkontaminasi dagingnya.

Oleh karena itu sy coba share kepada anda semua mengenai manfaat ikan buntal dan cara mengolahnya dan tentu informasi ini tetap harus anda waspadai atau pelajari lagi apakah benar-benar sudah aman ketika akan mengkonsumsi ikan buntal nantinya.

Oh ya info tentang harga ikan fugu / buntal ; Sepiring Fugu dapat dijual ¥5,000 (hampir US$50), namun dapat juga ditemukan dengan harga ¥2,000 (hampir US$20), dan sebuah hidangan lengkap Fugu (biasanya 8 sajian) dapat berharga ¥10,000–20,000 (hampir US$100–200) atau lebih.

Biaya yang dikeluarkan untuk menghargai koki yang mengiris ikan dengan sangat hati-hati untuk mendapatkan jumlah daging yang paling banyak. Pisau khusus, disebut Fugu hiki biasanya dijual terpisah dari pisau lain di toko.

Ini adalah bentuk ikan buntal yang banyak dijumpai di laut Indonesia

Ikan buntal, src: dody94.wordpress.com
Mengolah ikan buntal, src: google.com
fugu fish, src: percayakah.blogspot.com
buntal mengembang, src: dody94.wordpress.com

Sebelum kita bahas cara mengolah ikan buntal, ketahui dulu manfaat secara umum tentang ikan buntal yang kami sadur dari khasiat.co.id

Berikut info manfaat mengkonsumsi daging ikan buntal :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Adanya kandungan gizi serta nutrisi yang terdapat pada ikan buntal tutul bermanfaat mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda, sehingga terlindungi dari berbagai macam penyakit, misalnya pilek, batuk, demam, pusing dan lainnya.Selain itu juga dapat menambah stamina, jadi dalam melakukan kegiatan lebih semangat.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Ikan buntal tutul mempunyai manfaat meningkatkan nafsu makan, sebab dagingnya rasanya lezat bisa diolah menjadi beragam makanan, orang Jepang biasa mengolahnya menjadi buntal sashimi. Selain itu pengolahannya juga dapat digoreng, dipanggang, maupun direbus.

3. Mengandung Protein
Memakan ikan buntal tutul secara rutin dapat mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh manusia, sehingga kita tidak mengalami malnutrisi. Selainitu juga bermanfaat sekali untuk memperbaiki gizi buruk serta dapat menghilangkan depresi. Maka dari itu tambahkan buntal tuul ini dalam menu harian anda. Namun pilihlah ikan yang belum terkontaminasi ya.

4. Mengandung Omega 3
Kandungan omega 3 yang ada pada ikan buntal tutul memiliki sifat anti inflamasi, yang efektif dalam mencegah serta mengurangi peradangan dalam jaringan, contohnya radang sendi. Apabila dikonsumsi ini sangat baik sekali namun pengolahannya harus yang benar serta pilihlah ikan yang masih segar.

5. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Mengonsumsi ikan buntal tutul mempunyai khasiat agar kadar lemak normal kembali, karena dibantu oleh omega 3 pada dagingnya. Penderita kolesterol tingga cenderung karena obesitas. Untuk itu jaga pola hidup yang sehat serta cobalah menyantapnya.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah
Orang yang makan ikan buntal tutul paling tidak satu kali dalam satu minggu bermanfaat sirkulasi darahnya lancar di dalam tubuh. Dengan itu silahkan mencobanya,namun dalam mengolahnya harus yang benar pilih dagingnya saja dan jangan yang sudah terkontaminasi.

7. Mengandung Vitamin A
Indera penglihatan anda akan lebih terjaga kesehatannya apabila mengonsumsi ikan buntal tutul karena dagingnya mengandung vitamin A.Selain itu juga mencegah adanya gangguan pada mata dan menjaga kesehatan tubuh.

8. Mencegah Anemia
Anemia disebabkan oleh kurangnya darah dalam tubuh, serta kurang asupan dari makanan yang mengandung zat besi. Biasanya orang yang terkena penyakit tersebutakan sering pusing, terlihat pucatdan lemas. Maka dari itu makanlah ikan buntal tutul untuk mencegahnya.

9. Mengobati Pilek
Seseorang yang menderita sakit pilek biasanya akan keluar ingusnya dari hidung, selain itu juga sering dibarengi oleh pusing dan demam. Pada umumnya terjadi akibat kekebalan menurun, kehujanan, angin-anginan dan sebagainya. Oleh karena itu cobalah makan daging ikan buntal tutul untuk penyembuhannya.

10. Menambah Energi
Dengan mengonsumsi ikan buntal tutul ternyata dapat menambah energi dalam tubuh, sehingga ini sangat cocok sekali agar dalam menjalani aktivitas tidak lemas serta lesu. Selain itu juga bisa membuat tubuh anda segar bugar atau tidak terlihat pucat.

Manfaat mengkonsumsi daging ikan buntal selanjutnya akan di tuliskan secara ringkas peritemnya saja dikarenakan terlalu panjang jika dijelaskan point by point.

11. Mengobati Flu
12. Mengandung Zat Besi
13. Mencegah Penyakit Alzheimer
14. Menjaga Kesehatan Kulit
15. Mencegah Kanker Payudara
16. Memperbaiki Gizi Buruk
17. Mencegah Sakit Maag
18. Mencegah Rabun Dekat
19. Mencegah Stroke
20. Mengandung Vitamin D
21. Mencegah Jantung Koroner
22. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka
23. Mengandung Vitamin B Kompleks
24. Mengobati Sakit Kepala
25. Menutrisi Otak
26. Mengobati Insomnia
27. Mengandung Vitamin E
28. Membangun Otot
29. Mencegah Rematik
30. Mengobati Radang Tenggorokan

Mengenai 30 manfaat ikan buntal yang disebutkan diatas tentu mesti diuji tingkat kevalidannya dan semestinya di uji di laboratorium lebih lanjut.

Oh ya kembali ke cara mengolah ikan buntal, ada baiknya rekan-rekan melihat video berikut ini, karena makanan olahan ikan buntal ini banyaknya di jepang, maka kita sajikan videonya langsung dari youtube jepang

Notice ! : Di Jepang, pengolahan ikan buntal dilakukan dalam pengawasan hukum yang sangat ketat. Para koki yang menyajikan hidangan ini harus memiliki sertifikat resmi yang ditempuh dalam kurun waktu tahunan. Pada akhirnya, sebelum benar-benar resmi menghidangkan ikan buntal ke publik, chef terkait harus menyajikan terlebih dahulu untuk dirinya. Hukum ini berlaku di seluruh dunia, dan memang hanya di restoran Jepang, kita dapat menemukan sajian ikan buntal. Ikan buntal sangat dilarang untuk diolah secara mandiri.

Video Cara mengolah Ikan Buntal

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengolah ikan buntal semoga bermnafaat sekali lagi berhati-hatilah, lebih baik anda tidak memakannya jika tidak tau cara mengolah atau memasak ikan buntal ini dikarenakan racunnya yang sangat berbahaya ketika mengenai dagingnya.

Click on a star to rate it!

Average rating
/ 5. Vote count:

You May Also Like

About the Author: margondaweb

Website kami menyajikan artikel berbagai macam informasi apa saja yang bermanfaat. Pengalaman sejak 2011 telah membantu membuat website dan juga melayani pengelolaan website secara berkala serta training pembuatan website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat