3 ide menentukan tema blog sesuai passion

Blog merupakan media dimana Anda bisa membuat banyak artikel yang nantinya akan dipublish dan dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang. Banyaknya jumlah pembaca di setiap artikel yang Anda publish bergantung pada topik, ide atau tema blog apa yang sedang Anda bahas disitu. Apalagi kalau artikel yang Anda buat adalah artikel yang istilahnya “banyak daging di dalam” yang berarti bahwa semua pembaca akan mendapat jawaban, mendapat manfaat dan mampu membantu menyelesaikan permasalahan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Coba Anda bayangkan kalau Anda mampu membuat artikel seperti itu, pasti juga banyak yang tertarik untuk datang mengunjungi blog dan membaca sampai tuntas.

Untuk membantu mempermudah Anda dalam membuat blog supaya banyak pengunjung setiap harinya, maka perlu topik atau tema blog khusus yang fokus Anda bahas di dalamnya. Kenapa harus punya tema blog yang fokus ? Kalau campuran gimana?

Tema Fokus VS Tema Campuran


Banyak orang memaksa mencampur aduk tema blog mereka menjadi satu dengan harapan supaya ketika visitor datang mengunjungi blog maka mereka bisa mendapat begitu banyak informasi dengan berbagai topik. Padahal belum tentu seperti itu. Lalu Anda bertanya, lha detikcom itu? kan temanya banyak? tunggu..tunggu.. disini saya bahas untuk kita yang mengelolah blog seorang diri. Kalo detikcom kan mereka punya begitu banyak team untuk mengelolah, kalau kita samakan dengan mereka yang ada malah pusing sendiri.

Balik lagi ke tema campuran dengan harapan banyak pengunjung disetiap harinya. Kenyataannya malah tidak seperti itu, kalau blog dengan banyak tema yang Anda kelolah tidak konsisten memberi informasi , maka blog Anda akan dicap sebagai blog yang abal – abal. Hal ini tentu berbeda dengan detikcom yang tadi Anda tanyakan.

Di awal mungkin akan ada banyak orang yang datang mengunjungi blog Anda, tapi ketika mereka mengetahui bahwa apa yang Anda bahas kurang begitu spesifik, maka mereka tidak tertarik lagi untuk berkunjung kembali ke blog Anda dan beralih ke blog yang lain. Oleh sebab itulah menentukan tema blog yang khusus itu penting untuk Anda perhatikan.

Alasan Menggunakan Tema Blog yang Fokus


Ini beberapa alasan mengapa harus menggunakan tema blog yang fokus.

#1 Terkesan Profesional

Anda terkesan profesional karena membahas khusus di tema tertentu misalnya pengembangan website sampai titik paling dalam sehingga apa yang Anda tulis mampu membuat yakin pembaca bahwa artikel yang Anda buat bukan artikel sembarangan.

#2 Pengunjung Lebih Loyal

Anda akan memiliki pengunjung yang loyal karena mereka jadi lebih mudah mengingat blog Anda. Nah hal ini berkaitan dengan branding terhadap blog dimana ketika seseorang hendak mencari suatu artikel katakanlah tentang pengembangan website tadi, maka mereka akan mengingat bahwa blog Anda mampu menyediakan artikel yang bagus dengan isi “banyak daging di dalam”. Sehingga ini menjadi poin plus yang mampu menarik pengunjung sehingga traffic blog Anda akan naik.

#3 Mudah untuk SEO

Kemudahan untuk optimasi SEO karena apa yang kita bahas itu fokus. Contoh kalau saya membahas tentang pengembangan website maka akan ada banyak keyword yang berkaitan dengan pengembangan website yang berdampak pada tingginya keyword density yang akan menaikkan score SEO dalam blog kita.

3 manfaat itulah yang akan Anda dapat ketika tema blog Anda fokus. Nah setelah Anda pahami betapa pentingnya menentukan tema yang menarik untuk blog Anda, muncul masalah baru yaitu tema seperti apa yang akan dibahas?

Sesuaikan Tema dengan Passion


Apapun tema blog yang Anda pilih untuk dibahas, usahakan tema tersebut adalah tema yang sesuai dengan passion Anda. Bingung? Jadi gini, saya di dalam blog ini memilih tema IT dan blogging. Kenapa pilih itu ? karena memang bidang itu yang saya suka ditambah dengan kemampuan saya dalam menulis maka aktivitas blogging tidak terasa bosan, sekali lagi karena sesuai passion. Nah bagi Anda yang masih bingung, saya sarankan untuk menentukan tema menarik yang sesuai passion. Hal ini bermaksud mencegah kebosanan saat Anda blogging dalam jangka panjang.

Untuk menjawab permasalahan itu, saya akan bantu Anda dengan 3 ide menentukan tema blog menarik sesuai passion.

#3 Ide Menentukan Tema Blog Menarik Sesuai Passion


#1 Dari Hobi

Hal yang paling enak adalah menjalankan hobi sambil dibayar. Istilah dibayar yang saya maksud disini bukan cuma uang, tapi apa yang Anda bahas di blog itu bisa dibaca dan diapresiasi banyak orang. Nah dengan blogging, hal – hal seperti itu bisa Anda dapatkan sama seperti apa yang saya dapatkan.
Di dalam blog ini saya membahas tentang IT dan blogging. Banyak viewer saya yang mengatakan bahwa tulisan saya menarik untuk dibaca karena bahasanya mudah dimengerti dan komunikatif. Ketika orang berbicara seperti itu tentu saja ada rasa senang yang membuat saya terpacu untuk terus membuat artikel.
#2 Dari Bidang Pekerjaan / Keahlian

Anda bisa membuat blog yang temanya membahas bidang pekerjaan atau keahlian yang Anda punya. Misalnya Anda ahli dibidang desain web, maka Anda bisa membahas apapun yang  berkaitan dengan desain web mulai dari tahap awal sampai akhir diikuti dengan tips – tips seputar dunia desain.

Anda bisa membahas apa saja kesulitan ketika hendak memulai belajar desain dan cara mengatasinya. Anda bisa menyediakan tutorial gratis yang Anda buat khusus untuk pemula. Anda juga bisa memberi arahan kepada desainer pemula tentang apa saja yang harus mereka lakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka dan konsisten dalam melakukannya.

#3 Dari Bidang yang Ingin Anda Pelajari

Kita ambil contoh saja kalau kita ingin menjadi desainer web tadi. Awalnyanya kita nggak tahu apapun tentang dunia desain sehingga memutuskan untuk mempelajarinya betul – betul dari awal. Nah ini juga bisa jadi tema yang menarik untuk Anda bahas di blog karena Anda menulis kembali hasil dari apa yang Anda pelajari.

Selain ilmu dan pemahaman bertambah tentang desain itu, kemampuan Anda untuk menulis jadi terasah dan juga artikel yang kita buat bisa dibaca banyak orang dan kembali bermanfaat untuk mereka para pembaca, sehingga ilmunya tidak berhenti hanya sebatas kita saja. Tapi juga berguna untuk orang lain.

Kesimpulan


Kesimpulan utama dari apa yang saya bahas disini adalah tema blog Anda harus fokus dan usahakan sesuai dengan passion. Dari 3 ide yang sudah Anda baca tadi, Anda bisa pilih salah satu saja. Tapi kalau Anda berniat menggabung 3 ide itu secara langsung juga bisa, tapi ingat baik – baik bahwa apa yang Anda bahas harus tetap konsisten
Maksudnya begini, selain saya suka berbagi ilmu melalui tulisan, saya menerima pembuatan website dan terus menerus belajar banyak hal tentang pemrograman website untuk selalu memperdalam ilmu saya. Nah kalau Anda baca disini berarti antara hobi saya berbagi melalui tulisan, saya juga bekerja sebagai web developer plus mempelajari hal – hal terkait website. Saya menggabungkan 3 ide tema blog menjadi satu tapi apa yang saya bahas tetap konsisten tentang webiste dan juga blogging. Lalu bagaimana dengan Anda? saran saya sesuaikan dengan passion dan kondisi Anda saat ini ya.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *