Teknik Mudah Menulis Artikel untuk Pemula

Menghasilkan artikel yang berkualitas tentu saja tidak mudah, apalagi bagi pemula yang belum mengerti tentang teknik menulis artikel, tentu saja masih terasa sulit. Mayoritas dari mereka lebih banyak berpikir bagaimana cara menulis, mulai darimana, apa yang mau dibahas dan lain sebagainya. Iya cuma dipikir

Come on guys, kalau seperti itu terus juga nggak akan jadi artikelnya hehe….

Kualitas artikel perlu diperhatikan karena berpengaruh untuk menarik pengunjung blog. Anda juga harus tahu cara menulis artikel yang disukai pembaca supaya artikel yang Anda hasilkan tidak membuat pembaca cepat merasa bosan. Apalagi kalau kita mampu menyajikan artikel yang pembahasannya mendalam sedetail mungkin. Mereka bisa kembali ke blog kita di lain waktu karena mereka mendapat manfaat dan jawaban atas permasalahan yang sedang mereka miliki.

Sebetulnya menulis itu mudah kok, yang menjadi masalah adalah pertama kita tidak mengerti teknik menulis artikel, kedua kita kurang terbiasa.
Untuk membantu Anda mulai menulis, saya akan bagi 3 teknik menulis artikel yang paling mudah untuk pemula yang saya praktekkan juga saat membuat artikel tentang lomba Battle of Java yang diadakan oleh kampus saya. Di artikel lomba tersebut, saya menggunakan 5W 1H tapi disini saya hanya jelaskan 3 saja terlebih dahulu ya untuk latihan Anda.

Silakan Anda simak tutorial ini dan lihat juga artikel tentang lomba Battle of Java supaya Anda leih paham dengan apa yang saya jelaskan disini.

3 Teknik Menulis Artikel

Disini ada 3 teknik utama yang akan kita bahas untuk menulis artikel, yaitu :

  1. Apa
  2. Mengapa
  3. Bagaimana
Singkat kan? kalau ayo kita bahas satu per satu

Teknik Menulis Artikel – Apa


Anda harus ketahui dulu apa yang akan dibahas. Kumpulkan informasi – informasi yang bisa menjadi bahan untuk membuat artikel. Contohnya saat saya membuat artikel tentang lomba Battle of Java tadi. Saya harus cari tahu apa itu Battle of Java dan apa saja syarat yang harus dipenuhi kalau ada mahasiswa mau daftar.

Nah dari 2 hal itu saja sudah bisa Anda susun jadi artikel dan memenuhi teknik pertama yaitu apa

Teknik Menulis Artikel – Mengapa


Ketahui apa saja yang menjadi alasan mengapa kompetisi Battle of Java itu diadakan, maksudnya apa, tujuannya apa. Di dalam teknik menulis artikel “mengapa” ini, Anda harus berusaha mengajak pengunjung blog untuk mengerti banyak hal yang sebelumnya tidak dimengerti oleh mereka.

Teknik Menulis Artikel – Bagaimana


Nah setelah Anda menjelaskan apa dan mengapa, jelaskan juga tentang “bagaimana”. Bagaimana lomba berlangsung, bagaiamana aturan atau teknis perlombaannya dan bagaimana sistem penjuriannya.

Dengan menggunakan 3 teknik menulis artikel tadi (apa, mengapa dan bagaimana), Anda sudah bisa menghasilkan artikel yang utuh. Jadi ketika pengunjung membaca artikel Anda, mereka akan tahu apa itu Battle of Java, mengapa lomba itu diadakan dan bagaiaman proses, teknis serta penjuriannya berlangsung.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *