5 Alasan Berkuliah di Stikom

Jadi siswa SMA SMK tingkat akhir alias sebentar lagi sudah lulus pasti bukan hal yang mudah, karena harus banyak mempersiapkan diri menghadapi ujian – ujian akhir baik tulis maupun praktek. Hmm capeknyaa…

Di sisi lain, kamu juga harus menentukan akan beruliah dimana setelah lulus SMA SMK ini kalau memang bermaksud untuk lanjut ke jenjang perkuliahan. Pernah berpikiran untuk masuk ke Stikom Surabaya yang beralamat di Raya Kedung Baruk 98? Wah kalau iya, ini lho ada 5 alasan menarik berkuliah di Stikom Surabaya yang perlu kamu ketahui.

#1 Kartu Sakti


Alasan pertama adalah Kartu Sakti. Kalau kamu berkuliah di Stikom, kamu bisa dapat 1 kartu sakti yaitu KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Loh kok bisa sakti ya? Iya dong, namanya juga Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, kampus IT. Jadi mulai parkir, beli minum, masuk ke perpustakaan Stikom dan absen kelas sampai penerimaan poin – poin kegiatan semua bisa dilakukan dengan kartu sakti ini. Cukup tapping di kotak sensor, maka keperluan – keperluan kita yang saya sebut diatas sudah terpenuhi.

Terus kalau kita ingin meminjam buku di perpustakaan stikom, alatnya juga cuma kartu sakti ini, keluar masuk perpustakaan juga harus menggunakan kartu ini, jadi nggak sembarangan orang bisa masuk. Pastinya supaya aman dan terjaga suasana kondusif.

#2 Brilian



Alasan kedua adalah Sistem Brilian. Brilian ini sebutan untuk sistem pembelajaran hybrid learning yang keren. Kita bisa membuat forum untuk diskusi materi, berbagi file – file, mengumpulkan tugas dan membuat pertanyaan untuk dosen. Semua bisa dilakukan hanya dengan sistem Brilian ini sehingga perkuliahan berlangsung dengan mudah karena dibantu sistem ini.

Brilian mengoptimalkan Google Apps for Education yang merupakan aplikasi buatan Google khusus untuk edukasi. Perpaduan antara Brilian dan Google Apps for Education ini memungkinkan para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan belajar bukan hanya di kelas, tapi juga di dunia maya sehingga mahasiswa bisa belajar dimana saja, kapan saja dan melalui device apa saja.

Ada 8 menu yang bisa kita gunakan di aplikasi Brilian, yaitu :

  1. Course : Kontrak kuliah, materi kuliah dan saran buku apa saja yang bisa kita baca.
  2. Forum : Sama seperti forum pada umunya, jadi kita bisa diskusi bersama teman sekelas
  3. Assignment : Berisi tugas yang harus kita kerjakan dan dilengkapi fitur untuk mengumpulkan tugas juga disini.
  4. Announcement : Pengumuman dari dosen untuk mahasiswa
  5. Score List : Berisi nilai – nilai tugas dan kuis yang sudah kita kerjakan
  6. Lecturer Minutes : Berisi catatan realisasi perkuliahan yang sudah dilakukan dosen
  7. Synchronus Learning : Dosen bisa melakukan pembelajaran jarak jauh sesuai dengan jadwal yang ditentukan
  8. Anti Plagiarism : Ini adalah cara untuk cek tingkat plagiat atau kesamaan pengerjaan tugas milik kita dengan milik orang lain

Brilian ini juga masuk berita lho, ada beberapa situs portal berita yang membahas sistem ini yaitu portaljatim dan tribunnews 

#3 Sertifikasi Internasional


Alasan ketiga adalah Sertifikasi Internasional. Punya skill hebat di bidang tertentu? daftar saja sertifikasi. Hal ini bisa membuat kamu semakin diakui di dunia kerja karena skill sudah teruji secara resmi oleh lembaga sertifikasi dan Stikom menyediakan sertifikasi semacam ini karena sudah melakukan kerjasama dengan pihak – pihak terkait sertifikasi. Daftarnya juga gratis kok, bahkan sebelum ujian sertifikasi, ada persiapan – persiapan drill soal – soal yang diadakan di Stikom dan kamu bisa ikuti gratis.

Berikut ini sertifikasi yang diadakan oleh Stikom :

  1. Oracle
  2. Microsoft
  3. Adobe
  4. Mikrotik

Hal ini juga dilakukan Stikom dengan maksud supaya para lulusannya dapat bersaing dan memiliki poin tambahan saat masuk ke dunia kerja.

#4 Dosen Fantastis


Alasan keempat adalah dosen yang fantastis. Kalau kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan dosen fantastis satu – satunya di Stikom lho. Orangnya disiplin, cara mengajarnya menarik, nggak membosankan, cara penyampaian materinya juga mudah untuk dimengerti. Si dosen ini juga sering membuat kuis – kuis berhadiah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Karena keunikannya itu saya sebut beliau sebagai raja perkuliahan dosen fantastis

Eh satu lagi yang penting nih.. Di Stikom, mayoritas dosennya disiplin, ketika perkuliahan dimulai pukul 07.30 – 10.00 maka dosen akan datang sebelum pukul 07.30 dan selesai tepat pukul 10.00. Hal ini juga ditunjang teknologi absen kelas yang menggunakan kartu sakti dan direkam oleh sistem sehingga akan muncul laporan yang bisa kita lihat.

Bagaimana kalau dosen nggak hadir?

Dosen berkewajiban untuk mengganti di lain waktu. Jadi nggak ada matakuliah yang kosong. Semua full terisi sebanyak 14 kali pertemuan dalam 1 semester. Jadi kita nggak rugi karena jadwal kuliah yang kosong akan selalu diganti.

#5 Stikom Dreamspark


Alasan terakhir adalah Stikom Dreamspark. Stikom telah memiliki agreement semacam kerjasama antara Stikom dengan Microsoft. Terus dimana menariknya? Wah udah ga sabar aja ya ? Stikom Dreamspark juga bisa bantu kamu buat mengurangi dosa. Widih kok bisa? yap soalnya semua mahasiswa yang kuliah disini akan mendapat hak untuk download produk Microsoft free dan itu legal. Jadi, stop download crack & tipu – tipu !

Ada banyak software – software yang disediakan disini, mulai sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 10. Ada juga software server seperti Microsoft SQL Server 2014 dan ada juga development application seperti Microsoft Visual Studio serta masih banyak software – software lain. Penasaran? makanya ayo daftar ke Stikom.

Selama saya kuliah di Stikom ada banyak software yang saya download disitu, mulai Windows 7,8 dan 10. Ada juga Visual Studio untuk membuat aplikasi desktop. Maklum berhubung software free saya download semua buat laptop di rumah hehehe… ini alasan paling menarik menurut saya untuk kuliah di Stikom, bisa download aplikasi penting dan itu free.

Oke sekian artikel tentang 5 alasan menarik berkuliah di Stikom Surabaya. Semua kelebihan yang dimiliki Stikom ini membuatnya menjadi Institut Berkualitas Unggul dan Terkenal di Surabaya.

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *