6 Langkah Perkecil Ukuran Foto di TinyPNG

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh blogger saat membuat artikel adalah memastikan ukuran foto tidak terlalu besar. Ukuran foto yang terlalu besar bisa membuat loading time artikel Anda menjadi lambat.

Solusi dari masalah ini adalah memperkecil ukuran foto sebelum di upload. Proses memperkecil ukuran foto ini bisa Anda lakukan dengan manual atau otomatis dengan menggunakan tools kompres foto. Nah tools yang menjadi andalan saya untuk masalah ini yaitu TinyPNG.
TinyPNG adalah aplikasi website dimana kita bisa memperkecil ukuran foto secara otomatis dengan tetap memperhatikan kualitas foto. TinyPNG bisa memperkecil ukuran foto berformat png atau jpg maksimal 20 foto sekaligus dalam sekali proses dengan ukuran perfoto maksimal yaitu 5MB. Oiya satu lagi, tools berbasis website ini gratis lho. Kita bebas pakai selama terkoneksi dengan internet hehe..
Kalau Anda tertarik memnggunakan tools ini, silakan Anda ikuti langkah – langkah yang akan saya bahas berikut.
1. Kunjungi website tinyPNG.
2. Setelah berada di halaman tinyPNG. Klik logo upload.
Memilih Foto yang Akan Diperkecil
3. Silakan Anda memilih foto mana yang akan diperkecil ukurannya. Disini saya memilih foto dengan ukuran 1.022KB atau sekitar 1MB
Memperkecil Ukuran Foto yang Dipilih
4. Tunggu proses upload dan compress selesai.
Proses upload dan kompres foto
5. Setelah proses compress selesai, maka Anda bisa melihat berapa persen ukuran foto yang berhasil dikurangi oleh tinyPNG.
Hasil foto yang telah diperkecil ukurannya
6. Setelah itu download file foto yang sudah dikecilkan dengan cara klik “download” kemudian simpan foto tersebut di laptop Anda.
Oke, kalau Anda sudah melakukan 6 langkah yang saya jelaskan diatas dan berhasil mendownload foto yang sudah dikecilkan, itu berarti Anda sudah berhasil memperkecil ukuran foto.
Jika Anda tidak berlangganan tinyPNG, maka maksimal ukuran file foto yang bisa dikecilkan hanya 5MB saja, tapi kalau Anda berlanggan di tinyPNG, maka maksimal file foto yang bisa di kecilkan adalah 25MB. Untuk berlangganan di tinyPNG Anda cukup membayar 25$ saja untuk setahun dan bisa diperpanjang di tahun berikutnya.
Gimana? tertarik gratis atau yang berlangganan? Selamat mencoba ya !
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *