6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula
Blog adalah media atau tempat dimana Anda bisa mempublikasikan artikel – artikel hasil karya kreatif Anda. Ada banyak artikel yang bisa Anda publikasikan disini dengan free alias gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun karena Blogpost (platform blog milik Google) telah menyediakannya untuk kita semua.
Bagi Anda yang masih terbilang pemain baru di blogspot perlu untuk tahu apa saja yang harus disiapkan sebelum membuat blog. Hal ini dilakukan supaya blog Anda mampu bersaing dengan blog lain.

6 Persiapan Membuat Blog


Bagi Anda yang berniat akan terjun ke dunia blog ada 6 persiapan awal membuat blog untuk pemula  yang harus Anda ketahui sebelum melakukannya. Ini berguna agar blog Anda dapat berjalan dengan maksimal di dunia online dan mampu bersaing dengan para pemain blog lainnya.
Berikut ini adalah persiapan – persiapan awal membuat blog yang harus Anda ketahui :
  1. Membuat email dengan Gmail.
  2. Menentukan platform blog.
  3. Menentukan niche atau tema blog.
  4. Menulis artikel yang baik
  5. Memilih template menarik, responsive dan sederhana.

Membuat Email Dengan Gmail


Persiapan paling awal sebelum Anda membuat blog adalah membuat email. Selain digunakan untuk proses pendaftaran, email juga berfungsi sebagai media komunikasi antara Anda dan pihak Blogger. Informasi – informasi seputar blog, komentar visitor dan follower blog akan masuk ke email Anda berupa pemberitahuan untuk ditindak lanjuti. Melihat kebutuhan penting suatu email seperti itu, sudah jelasAnda tidak akan pernah bisa membuat blog tanpa memiliki email.
Artikel Pendukung: Cara Membuat Email Dengan Gmail

Menentukan Platform Blog


Ada banyak platform blog yang bisa kita gunakan untuk mulai terjun ke dunia blogging.
Dari sekian banyak platform blog ada 5 yang saya tahu, yaitu blogger, wordpress, mywapblog, thumblr dan blog. 5 platform tersebut punya fungsi yang sama yaitu sebagai media atau alat mempublikasikan artikel – artikel yang kita buat. Dari kelima platform blog tersebut, ada 1 platform yang paling populer dan saya sarankan Anda untuk menggunakannya, yaitu blogger. Mengapa begitu ?

Pertama, blogger disediakan dengan gratis. 

Ini sangat membantu Anda yang (mohon maaf) minim budget untuk membuat website berbayar. Sehingga dengan budget yang minimpun masih sangat mungkin bagi Anda yang punya niat untuk memiliki blog.
Jangan berpikiran bahwa yang gratis kurang memiliki fitur yang mumpumi, harus Anda sadari bahwa semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Tapi yang jelas, membuat blog dengan blogspot tidak seburuk yang Anda pikirkan sebelumnya. Contohnya saja blog saya ini.

Dulu memang saya berpikiran bahwa blogspot kurang menarik dan jelek, tetapi setelah saya pelajari banyak hal tentang blogspot dan saya coba optimalkan dengan serius, ternyata hasilnya juga bagus sebagus yang Anda lihat di blog saya ini mulai dari tampilan, navigasi dan responsivitas template.


Kedua, blogger memilik tampilan yang mudah untuk dioperasikan. 

Menurut saya, tidak ada alasan bagi orang awam untuk tidak mampu mengoperasikan blogspot. Mengapa? karena blogspot di desain sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh semua kalangan baik yang gaptek (gagap teknologi) maupun yang paham teknologi. Ada banyak tutorial yang tersebar di Google yang membahas tentang cara – cara pengoperasian blogspot. Mulai dari :
  1. Cara menambah widget di blogspot
  2. Cara menambah halaman di blogspot
  3. Cara membackup template di bogspot
  4. Cara mencegah copy paste di blogspot
Permasalahannya adalah Anda mau mempelajarinya atau tidak. Hayoo mau atau tidak ?

Ketiga, blogger lebih mudah dimonetize untuk Google Adsense.
Blogger atau blogspot merupakan platform blog milik Google sehingga hal ini menjadi poin plus bagi blogspot karena mendapat prioritas utama dibanding dengan platform blog yang lain. Jika Anda berniat membuat blog untuk jangka panjang dan nantinya akan Anda daftarkan untuk Google Adsense, saya sarankan Anda untuk memilih blogspot sebagai platform blog Anda.
Kelebihan -kelebihan itulah yang dimiliki oleh blogspot, sehingga masih banyak yang menggunakan blogspot ditengah banyaknya platform blog yang lainnya.

Menentukan Niche atau Tema Blog


Tema blog atau lebih sering disebut dengan niche adalah topik yang akan menjadi fokus pembahasan Anda ketika mengisi konten – konten blog. Mungkin Anda bertanya – tanya niche seperti apa yang akan saya pilih dalam persiapan membuat blog? Lalu apakah boleh memilih lebih dari 1 niche ? Baik, saya akan bantu menjawab.
Sesuaikan dengan passion

Ketika Anda memilih niche suatu blog, usahakan untuk menentukan niche atau tema blog menarik sesuai passion Anda, sesuai dengan sesuatu yang amat sangat Anda minati. Contohnya begini, Anda adalah orang yang hobi dengan dunia fotografi. Kegiatan Anda sehari – hari tidak bisa lepas dengan yang namanya memotret suatu object baik menggunakan kamera SLD atau DSLR bahkan kamera HP sekalipun. Tidak berhenti sampai disitu saja, setelah foto hasil buruan Anda terkumpul, Anda masih berusaha mempercantiknya lagi dengan editing menggunakan Photoshop sehingga tampilannya nampak begitu bagus sehingga Anda mendapat kepuasan tersendiri.
Hobi Anda yang seperti itu akan sangat menguntungkan sekali jika dipilih sebagai niche blog Anda, yaitu fotografi. Mengapa pemilihan niche suatu blog sebaiknya harus sesuai dengan passion ? Karena dengan adanya passion, Anda dapat memberikan usaha yang maksimal untuk mengelolah konten blog yang niche-nya sesuai dengan passion Anda. Dengan begitu, rasa bosan dapat diminimalisir karena kegiatan yang Anda lakukan bisa menjadi bahan bacaan atau referensi bagi orang lain.

Memilih niche fokus atau campuran ?

Secara pribadi, saya lebih menyarankan Anda untuk memilih 1 niche dan fokus mengembangkannya disitu. Kenapa ? Karena orang akan lebih mudah mengingat bahwa blog Anda fokus untuk membahas 1 topik saja, dalam hal ini yaitu fotografi tadi. Selain itu, orang bisa menjadi lebih loyal terhadap blog Anda karena mereka mendapat banyak informasi bermanfaat tentang dunia fotografi. Apalagi kalau konten yang Anda buat itu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, seperti tips fotografi, cara memaksimalkan HP untuk fotografi dan topik – topik fotografi lainnya. Hal ini membuat blog Anda dikunjungi oleh banyak orang.
Meski begitu, saya juga tidak melarang Anda untuk memillih niche campuran seperti detik.com karena masih bisa memiliki peluang untuk mendatangkan banyak visitor dan bersaing bersama mereka yang memilih untuk fokus hanya pada 1 niche saja. Semua itu juga bergantung pada kualitas konten yang Anda buat.

Artikel Pendukung: #3 Ide Menetukan Tema Blog Menarik Sesuai Passion

Menulis Artikel Yang Baik


Konten utama sebuah blog adalah karya tulis yang sudah pasti dominan dengan tulisan. Ini membuat Anda harus belajar untuk menulis artikel yang baik. Mengapa begitu? karena ketika Anda menulis dan tulisan itu dibaca oleh orang lain, maka Anda harus berusaha untuk membuat artikel yang enak dibaca dan tidak membuat pembaca menjadi bosan. Ini yang menjadi masalah bagi mayoritas blogger pemula ketika hendak membuat blog.
Keuntungan jika Anda belajar menulis artikel yang baik adalah 
  • Tulisan Anda terkonsep
  • Komunikatif dan tidak membosankan
  • Mudah dimengerti oleh pembaca
  • Membuat visitor mengunjungi blog secara rutin
  • mendapat reputasi baik dari visior
Poin – poin tersebut sebaiknya Anda pahami dengan baik jika blog Anda ingin ramai pengunjung.
Usahakan minimal 500 kata di setiap artikel

Usahakan tulisan Anda berjumlah minimal 500 kata. Harus ta? iya, makin panjang artikel Anda maka lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membaca artikel Anda akan lebih lama. Hal ini memberi nilai positif bagi blog Anda di mata Google. Tapi ingat ya, meskipun harus berjumlah minimal 500 kata disetiap artikel jangan menyepelekan kualitas artikel. Jangan hanya karena ingin mencapai 500 kata lalu Anda membuat kata – kata yang berbelit dan cenderung tidak informatif.

Sertakan minimal 1 gambar

Fungsi gambar ini selain untuk mempercantik tampilan artikel  juga berguna untuk menambah nilai SEO artikel Anda. Di dalam teknik SEO, gambar bisa dioptimasi dengan memasukkan kata kunci di deskripsi gambar. Tapi perlu di ingat juga, gambar yang Anda sertakan disini sebaiknya dikompress terlebih dahulu ukuran filenya supaya artikel Anda tidak lemot ketika dibuka oleh pengunjung karena ukuran file yang besar.

Artikel Pendukung : 6 Langkah Memperkecil Ukuran Foto di TinyPNG

Gunakan subjudul di setiap topik penting yang dibahas dalam paragraf

Subjudul membuat pembaca mengerti inti dari paragraf yang sedang Anda bicarakan. Ini membuat artikel Anda terlihat lebih menarik. Kalau Anda ingin mengerti seperti apa sub – sub judul yang saya maksud, silakan Anda lihat di artikel -artikel saya yang lainnya.

Tulis artikel yang bermanfaat untuk banyak orang

Ingat materi saya tentang niche blog? Nah usahakan artikel – artikel Anda punya niche yang sesuai dengan niche blog. Contohnya gini ya, niche blog Anda tentang fotografi nah artikel – artikel yang Anda buat harus seputar fotografi seperti tips memotret di ruangan redup atau tips memotret menggunakan smartphone dan yang lainnya. Disini Anda berusaha memberi manfaat kepada pembaca sehingga mereka merasa terbantu dengan artikel yang Anda buat dan tertarik untuk membaca artikel yang lain.

Artikel Pendukung: #7 Cara Terbaru Menulis Artikel yang Disukai Pembaca

Memilih Template Menarik, Responsive dan Sederhana


Di dalam membuat blog, pemilihan template yang menarik akan membuat kesan profesional pada blog Anda karena selain terlihat bagus terselip kesan bahwa Anda ingin menyajikan yang terbaik untuk para visitor sehingga mereka nyaman ketika berkunjung ke blog Anda.
Gunakan template yang responsive untuk dapat diakses di semua device. Karena ada banyak ukuran layar device yang saat ini beredar dipasaran, hal ini mengharuskan kita untuk mempertimbangkan pemilihan template yang responsive. Responsive disini adalah ketika seseorang membuka blog Anda baik di PC, laptop dan smartphone maka tampilan blog tetap terlihat proposional dan tidak acak – acakan. Dengan begitu, visitor merasa nyaman saat mengakses blog disemua device yang mereka punya.
Kalau Anda sudah merasa siap silakan belajar cara membuat blog dengan blogspot. Sekian artikel 6 Persiapan Membuat Blog Untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan bagi Anda yang ingin bertanya, silakan mengisi kolom komentar dibawah.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *