7 Jenis Posting Artikel yang Perlu Diketahui

Dalam aktifitas blogging, hal yang paling utama dilakukan adalah membuat postingan atau artikel. Kalau selama ini Anda sudah sering membuat artikel begitu banyak, apakah Anda mengerti jenis artikel yang sudah Anda posting tersebut?

Kebanyakan dari kita selama ini hanya fokus membuat artikel tanpa mengetahui jenis dari artikel yang kita buat tersebut. Akhirnya, teknik yang digunakan dan cara penyajiannya tidak ada perbedaan, dipukul rata semua yang penting artikelnya jadi dengan harapan banyak yang membaca. Betul?

Ternyata ada 7 jenis posting atau artikel yang perlu kita ketahui dan mungkin mayoritas dari Anda tidak banyak yang tahu tentang ini. Oleh sebab itu, sekarang mari kita simak satu per satu supaya kita tahu perbedaan dan cara penyajian yang tepat pada pembaca.

1 Jenis Tutorial (Panduan)


Postingan ini dibuat dengan tujuan untuk memandu pembaca dalam melakukan sesuatu. Nah yang namanya memandu, Anda harus menuliskan panduannya dengan jelas. Setiap langkah yang Anda arahkan haruslah jelas dan mudah untuk dipahami bahkan untuk hal yang sepele sekalipun. Saya sering menemukan tutorial yang kurang jelas menurut saya karena ketika seseorang memandu melakukan satu langkah, ada istilah yang tidak dijelaskan atau ada langkah kecil yang sengaja dilewati sehingga pemahaman kita jadi berkurang, tidak utuh.
Kekurangan semacam itu berusaha saya minimalisir ketika membuat tutorial tentang cara membuat blog dengan blogspot. Tutorial itu saya buat dengan target pembacanya adalah pemula, yang awam tentang blog. Sehingga apa yang saya jelaskan disitu cukup detail dengan maksud supaya mereka yang awam bisa mengikuti sampai betul – betul paham.

2 Jenis Posting Cerita

Sesuai dengan judulnya, jenis postingan ini dibuat untuk menceritakan sesuatu kepada pembaca. Beberapa waktu lalu saya juga pernah membuat jenis artikel seperti ini berjudul pemenang lomba internal programming.

Biasanya, jenis postingan semacam ini dibuat untuk menceritakan kegiatan sehari – hari dari sang pemilik blog. Tapi dia juga bisa menceritakan orang lain atau kegiatan – kegiatan lain. Intinya seperti sharing biasa.

Ketika anda membuat jenis artikel cerita, pastikan alur ceritanya runtut, tidak ambigu. Biasanya penulis pemula masih kesulitan menghubungkan kalimat satu dengan yang lain dan kebingungan ketika hendak memisahkan antara paragraf satu dengan yang lain. Hati – hati dengan ini karena bisa saja pembaca artikel Anda tidak puas karena kerumitan yang Anda buat di artikel berjenis cerita ini.

3 Jenis Artikel Studi Kasus

Dalam postingan ini kita akan menampilkan studi kasus atau contoh kasus lebih dominan untuk menginspirasi pembaca. Misalnya topik artikel yang kita buat adalah menentukan niche atau topik yang menjadi bahasan utama blog. Disini kita bisa ceritakan apa saja pertimbangan saat memilih niche blog, kesulitan seperti apa yang pernah kita alami dan bagaimana cara menentukan niche blog diantara banyak pilihan niche lain yang ada.

Sekilas mirip dengan artikel berjenis tutorial, tapi disini kita lebih menonjolkan sisi kasusnya. Kita tidak harus memandu pembaca langkah demi langkah, tapi lebih memberikan contoh kasusnya sehingga pembaca bisa memperoleh kesimpulan – kesimpulan dari kasus yang kita berikan.

4 Jenis Artikel Opini / Pendapat

Jenis postingan selanjutnya adalah opini, pendapat kita tentang sesuatu. Misalnya Anda berpendapat bahwa belajar menjadi penulis itu mudah. Nah disini Anda bisa jelaskan mengapa Anda bisa mengatakan bahwa belajar menjadi penulis itu mudah. Sebutkan apa saja yang membuatnya mudah dan jelaskan bagaimana caranya supaya menjadi penulis itu mudah versi Anda.

Berikan data berupa fakta yang bisa memperkuat pendapat Anda sehingga tidak terkesan “cuma omong doang“. Dengan adanya data fakta, orang jadi lebih yakin dengan opini yang Anda buat. Misalnya Anda bisa mengutip nasehat, perkataan dari mereka – mereka yang sudah kompeten, mereka yang sudah mahir dan cukup dipercaya oleh banyak orang. Dengan memperkuat ucapan Anda dengan kutipan tersebut bisa membuat orang lebih mudah mempercayai pendapat Anda.

5 Jenis Artikel Laporan

Di dalam jenis artikel laporan, kita menyampaikan berita, menyampaikan kabar tentang peristiwa yang sudah terjadi. Misal Anda mengelolah blog tentang teknologi. Nah Anda bisa membuat artikel yang berisi berita – berita seputar teknologi sebut saja iphone terbaru, apa saja fitur terbarunya, berapa harganya dan apa kelebihan dibanding versi sebelumnya.

Anda bisa melakukan eksperimen tentang kekuatan daya tahan batre, hasil benchmark dari hp yang Anda uji coba. Nah hasilnya bisa Anda laporkan dalam bentuk tulisan.

Anda juga bisa membuat tabel untuk mempermudah pembaca membandingkan antara iphone versi terbaru dengan versi sebelumnya. 

6 Jenis Artikel Definisi

Kita juga bisa membuat artikel dengan jenis definisi. Dalam postongan jenis ini, kita akan menjelaskan tentang pengertian suatu hal, bisa saja kata, singkatan datau istilah. Contoh postingan jenis ini yaitu artikel yang pernah saya buat berjudul pengertian HTML. Di artikel ini saya menjelaskan apa itu HTML dan fungsinya dalam pemrograman web.

Meskipun secara umum artikel ini lebih banyak menjelaskan definisi tentang suatu hal, tapi saya sering memberi contoh nyata supaya orang lebih mudah untuk memahami. Tapi ini opsional kok, terserah Anda mau memberi contoh seperti apa yang saya lakukan atau tidak.

7 Jenis Artikel Hasil Wawancara

Artikel berikutnya adalah berjenis hasil wawancara. Jadi di dalam artikel ini kita berusaha menjelaskan hasil dari wawancara dari awal hingga akhir. Disini kita juga sebutkan data pribadi dari orang yang kita wawancarai. Bisa nama, umur, profesi, pendidikan dan sebagainya. Kemudian sajikan tulisan yang bisa membedakan antara Anda yang mewawancarai dengan orang yang Anda wawancarai.
Artikel berjenis ini biasanya disajikan dalam bentuk dialog tanya jawab langsung yang kita olah menjadi tulisan. Sehingga, para pembaca seolah – olah sedang menyimak langsung wawancara yang sedang Anda lakukan dengan narasumber.

Oke itu tadi kita sudah bahas 7 jenis postingan yang perlu diketahui. Kalau ada pertanyaan atau sekedar menyapa silakan Anda berkomentar dibawah yaaa..

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *