Ada banyak file system di komputer Windows yang berjalan di background. File-file ini mulai bekerja saat anda menyalakan komputer anda. Pekerjaan file-file ini adalah mengelola berbagai proses dalam system operasi Windows. Tetapi beberapa malware atau virus meniru file system komputer ini. Dalam kondisi seperti itu, menjadi sulit bagi pengguna untuk membedakan antara malware dan file system yang asli. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu file Sihost.exe di Windows 10 dan bagaimana anda bisa membedakannya dari virus.

Apa itu Sihost.exe di Windows 10?

Sihost.exe adalah singkatan dari file Shell Infrastructure Host. Ini adalah file system yang dapat dieksekusi yang berjalan di background dan merupakan salah satu file penting untuk Windows 10. Sihost.exe melakukan berbagai proses di Windows 10, termasuk membuka dan meluncurkan menu konteks, action center dan lainnya.

Anda dapat melihat file ini di Task Manager. Untuk membuka Task Manager, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager atau anda dapat menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Sekarang, di tab Processes di jendela Task Manager, gulir ke bawah untuk melihat file Shell Infrastructure Host. Ini adalah file Sihost.exe.

Bisakah Anda Menonaktifkan atau Menghentikan Proses Sihost.exe?

Anda dapat menghentikan proses Sihost.exe dengan memilihnya dan mengklik tombol End Task di bagian kanan bawah jendela Task Manager atau anda dapat mengklik kanan padanya dan memilih End Task. Ini akan menghentikan proses Sihost.exe. Tetapi berhati-hatilah dalam melakukan upaya seperti itu, karena dapat menyebabkan critical error pada system anda karena Sihost adalah file system. Mungkin setelah menonaktifkannya, anda tidak dapat meluncurkan Start menu dan Cortana, karena keduanya dikontrol dan dikelola oleh proses Sihost.exe. Selain itu, anda juga mungkin sering mengalami crash file explorer. Menghapusnya secara permanen akan menyebabkan Windows Shell rusak sepenuhnya.

Apa yang terjadi jika Sihost.exe Rusak?

Sihost.exe atau Shell Infrastructure Host yang rusak dapat menyebabkan system anda berjalan lambat dan menampilkan berbagai jenis pesan error seperti:

  • Shell Infrastructure Host has stopped working.
  • A problem has occurred that caused the program to terminate.
  • Access violation of the address FFFFFFFF in Shell Infrastructure Host (Sihost.exe) module and reading the address 00000000 (an Unknown hard error).
  • The program can’t start because sihost.exe is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.
  • The action can’t be completed because the file is open in Shell Infrastructure Host. Close the file and try again.

Dalam kasus seperti itu, anda harus menjalankan System File Checker atau anda dapat membacanya disini untuk perbaikan file system.

Sihost.exe bukanlah ancaman bagi system komputer anda kecuali itu adalah malware yang menyamar sebagai file system. Jadi, sebelum anda mengambil tindakan pada file ini, anda dapat memeriksanya terlebih dahulu, apakah file tersebut mencurigakan atau tidak.

Cara Memeriksa Apakah File Sihost.exe adalah Malware atau Bukan

Banyak malware dan virus yang dapat menyamarkan diri mereka ke file system. Dengan melakukan ini, mereka tetap aktif di system tanpa memberitahu pengguna tentang keberadaan mereka. Malware dan virus semacam itu merupakan ancaman bagi system komputer anda dan anda harus mengambil tindakan yang tepat untuk menghapusnya. Untuk memeriksa apakah Sihost.exe berbahaya atau tidak, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Task Manager seperti langkah diatas, kemudian klik kanan pada Shell Infrastructure Host dan pilih Properties.
  • Di tab General, periksa direktori tempat file tersebut berada. Jika terletak di direktori C:WindowsSystem32, maka anda tidak perlu khawatir. Tetapi jika direktori tersebut selain dari itu, mungkin itu adalah virus atau malware.
  • Sekarang, beralih ke tab Details dan baca deskripsi file tersebut. Jika ini adalah file asli yang memiliki hak cipta dari Microsoft Corporation, maka file tersebut aman. Namun jika tidak maka anda harus segera mengambil tindakan untuk menyingkirkannya.

Apa yang Harus Dilakukan jika itu adalah Virus atau Malware?

Pertimbangkan untuk menscan PC anda dengan software antivirus dan antimalware yang bagus. Anda juga dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media untuk menyingkirkannya. Dan jika anda mau anda juga dapat menghapusnya dengan Linux

Jika anda ingin tetap terlindungi dari file berbahaya tersebut, maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Update Windows 10 anda ke versi terbaru. Update terbaru memperbaiki kemungkinan kerentanan di Windows 10 yang menjadikannya sasaran empuk penjahat dunia maya.
  • Selalu gunakan antivirus yang efektif dan jangan pernah menonaktifkan perlindungan firewall. Juga, selalu update antivirus anda.
  • Jangan pernah membuka link dari sumber yang tidak tepercaya.
  • Jangan pernah menyimpan password dan informasi sensitif anda di browser web, terutama kartu kredit dan detail perbankan anda.
  • Selalu beli versi original Windows. Jangan install versi bajakan.

Sihost.exe adalah file Windows yang penting tetapi dapat membuat anda mendapat masalah jika virus atau malware menyamar di system anda. Menjelajah internet dengan aman dan mendownload software gratis hanya dari website tepercaya adalah beberapa praktik yang baik untuk meminimalkan risiko system anda terinfeksi virus atau malware. Anda dapat membaca artikel saya tentang cara scan file dari virus langsung dari Desktop anda saat anda hendak mendownload software atau file apapun dari website. Dengan mengikuti langkah tersebut maka anda akan terbebas dari infeksi virus atau malware di system anda. Dan kemudian anda juga dapat membaca cara mengatasi serangan virus dan memulihkan file.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *