Battle of Java Stikom Surabaya

Seorang pemula yang baru belajar pemrograman kadang – kadang menginginkan sebuah keajaiban supaya apa yang kita pelajari bisa begitu cepat dimengerti dengan instan.

Wow !

Sayangnya, hal semacam itu juga sulit untuk terwujud kecuali di film – film dongeng macam “Beauty and The Beast”. haha…

Untuk memperdalam skill, ilmu, pengetahuan dan pengalaman, banyak orang berupaya keras untuk mencapai semua itu. Banyak hal mereka lakukan mulai dari membaca, sharing dengan orang lain, praktek melalui study case yang ada, mengikuti seminar atau lomba.

Dengan adanya permasalahan tersebut, Stikom Java Network atau yang sering disebut SJN berusaha memberi solusi dengan mengadakan acara berupa kompetisi bernama Battle of Java yang diadakan khusus bagi para mahasiswa internal SJN Stikom Surabaya.

Ngomong – ngomong masalah lomba di bidang pemrograman, beberapa waktu lalu saya dan team pernah menjadi juara di lomba Internal Programming Stikom 2016. Disitu saya bercerita awal mulai sampai finish jadi juara. Yaaa lumayan, lumayan capeknya hehe….

Yuk, lanjut lagi….

Apa itu Battle of Java ?

Battle of Java atau yang disingkat dengan BOJ adalah kompetisi pemrograman yang menggunakan bahasa Java. Kompetisi ini dibuat khusus untuk anggota SJN baru dengan maksud supaya mereka mengenal Java lebih dalam. 
Selain itu, kompetisi ini dibuat untuk melatih cara berpikir para anggota SJN dalam memecahkan masalah nyata ke dalam suatu program yang dibuat sebagai solusi atas permasalahan tersebut. 

Mengapa Kompetisi Ini Diadakan ?

Well, selain program kerja tahunan dari SJN yang tentu harus terlaksana, kompetisi ini diadakan untuk memperbanyak jam terbang anggotanya dalam hal perlombaan. Ini penting dilakukan untuk memperkuat daya saing dengan para programmer komunitas lain, jurusan lain dan kampus lain.
Dengan adanya kompetisi seperti ini, mereka jadi tahu dimana letak kelemahannya secara teknis sehingga setelah kompetisi berakhir, mereka bisa segera menutup kelemahan tersebut. Mereka juga lebih tahu bagaimana suasana, feel dan proses yang dilakukan ketika mengikuti perlombaan seperti ini.

Tapi,

Ada hal yang lebih penting lagi, mereka jadi mengerti sampai mana kemampuan coding-nya saat ini, sehingga ada pesan tersirat yang ingin disampaikan oleh senior SJN, yaitu JANGAN TERLALU CEPAT BERPUAS DIRI

Dimana Kompetisi Ini Berlangsung ?

Kompetisi ini berlangsung di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya tepat di ruang B406 gedung biru lantai 4. Mungkin Anda bertanya – tanya kenapa kok tidak di ruang lab ? Karena kompetisi ini bermodel kelompok, jadi mereka bisa berpencar kemudian berkumpul dengan kelompoknya masing – masing. Nah untuk masalah fasilitas, mereka diharuskan membawa laptop yang sudah terinstal jdk dan notepad sebagai alat tempurnya.

Intinya, panitia lomba membutuhkan ruangan untuk ruang gerak yang flexibel.

Paham?
Lanjut

Kapan Kompetisi Battle of Java Ini Berlangsung ?

Battle of Java diadakan setiap tahun di semester genap menjelang ujian tengah semester. Nah komunitas Java di Stikom ini menurut saya cukup membantu. Kok bisa? Karena selain memberi pengalaman berkompetisi, panitia juga berusaha untuk memperdalam pengetahuan dari peserta sehingga persiapan menjelang ujian bisa maksimal dan kompetisi bisa diikuti sesuai dengan jadwal tanpa mengganggu ujian tersebut.

Sayangnya hanya diadakan setahun sekali saja. Kalau diadakan setahun 2 kali mungkin asik juga ya. Sertifikat bertambah, yang menang duitnya bertambah, tingkat kompetisinya juga semakin ketat.

Bagaimana Teknis atau Aturan Perlombaan Ini ?

Ada beberapa teknis acara yang berlaku disini, yaitu :

Berteam

Dari sekian banyak anggota SJN baru, mereka dibagi menjadi 7 team dengan masing – masing team berisi sebanyak 3 anggota.

Live Battle

Setiap team harus membawa laptop untuk mengerjakan soal yang telah diberikan dengan jatah waktu yang sudah ditentukan

Seleksi Team

Dari hasil penjurian Live Battle, hanya diambil 4 team dengan point terbanyak untuk melaju ke babak selanjutnya. 4 team ini harus mengambil undian yang berisi tema program yaitu perpustakaan, sistem penggajian, retail dan bioskop.

Final Battle

Ditahap ini, team yang lolos dibimbing oleh 1 senior SJN untuk membantu atau mengawasi pembuatan program sesuai dengan undian tema yang didapat. Kemudian mempresentasikannya di depan para juri.
Pengumuman pemenang akan diinformasikan hari itu juga setelah juri selesai menyimpulkan hasil peniliaian berdasarkan logika program, fungsi (function) dan desain interface dari masing – masing team.

Siapa Pemenang Battle of Java?

Wah udah penasaran aja nih ya?

Dari hasil penilaian juri, kompetisi Battle of Java yang diadakan oleh komunitas java Stikom ini dimenangkan oleh 3 team terbaik yaitu :

  1. Team dari Wahyu
  2. Team dari Novia
  3. Team dari Qowiyyu
Pemenang Lomba Battle of Java Stikom
Selamat ya bro sist para programmer yang sudah memenangkan lomba ini. Jangan lupa memperbaiki skill coding yang kurang terutama syntax syntax dan logika programnya. Anda bisa pinjam buku koleksi tentang Java di perpustakaan Stikom, silakan coba lihat disana. Semoga kalian bisa membantu Stikom untuk terus menjadi Institut Berkualitas, Unggul dan Terkenal
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *