Belajar HTML heading untuk Pemula

Di dalam tutorial HTML Dasar, saya sudah bahas sekilas tentang Heading yang berguna untuk membuat judul pada HTML. Sekarang saya akan bahas tutorial yang sedikit lebih spesifik tentang heading yaitu HTML heading.

HTML Heading


Pada dokumen HTML ada tag yaitu tag heading. Tag heading memiliki urutan dimulai dari <h1> sampai <h6>. Tag ini sering digunakan untuk judul, bisa judul utama, subjudul, bab dan subbab. Semakin besar urutannya maka ukuran hurufnya akan semakin kecil.
Fungsinya apa ?
1. Fungsinya untuk mendefinisikan judul secara khusus.
2. Untuk faktor SEO, penggunaan heading ini untuk menekankan kepada search engine bahwa artikel kita memiliki topik penting yang dibahas dan memudahkan search engine untuk mengenali struktur pada halaman yang kta buat.
3. Untuk mengklasifikasikan judul. Misal judul yang paling utama menggunakan tag <h1>, untuk subjudul menggunakan tag <h2>, untuk bab menggunakan tag <h3> dan seterusnya.
Untuk lebih jelasnya ayo kita lihat penampakannya ya.

Sekarang coba Anda ganti tulisan – tulisan yang diapit oleh tag – tag h diatas dengan judul – judul karangan Anda sendiri. Setelah itu lihat hasilnya di browser.

Anda akan lihat perbedaan di setiap baris judul ya? Mulai tebal dan besar sampai kecil dan tipis. Kalau Anda lihat mulai dari <h1> itu adalah judul utama yang memiliki prioritas paling penting, dalam teknik SEO heading <h1> ini digunakan untuk mempermudah search engine mengenali isi artikel Anda. Nah di HTML, fungsi heading ini secara khusus untuk judul, jadi tolong inget – inget ya.

Penting ! Meskipun tag heading mampu menebalkan dan membesarkan tulisan, gunakan tag ini khusus hanya untuk judul.


Oiya satu hal lagi yang perlu Anda tahu bahwa browser akan menambahkan space putih istilahnya margin atau jarak atas dan bawah secara otomatis sebelum dan setelah heading. Lihat gambar di bawah ini.

Margin (jarak atas dan bawah) sebelum dan sesudah heading
Disini Anda sudah pelajari HTML Heading yang digunakan untuk memprioritaskan judul, mengklasifikasikan judul dan membuat search engine lebih mudah mengenali struktur halaman. Kalau ada judul, ada juga paragraf. Nah di HTML kita bisa membuat paragraf yang akan saya bahas di tutorial selanjutnya yaitu HTML paragraf. Silakan disimak.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *