Belajar HTML Paragraf untuk Pemula

Setelah sebelumya Anda pelajari tentang HTML heading sekarang kita akan bahas tentang HTML paragraf untuk membuat paragraf atau deretan kalimat yang digabung menjadi satu untuk membahas topik tertentu.

HTML Paragraf

Untuk membuat paragraf di HTML, Anda cukup menggunakan tag <p>.

Contoh:

Silakan Anda coba di Notepad lalu buka di browser. Anda akan melihat ada 2 buah paragraf disitu. Secara default, browser akan memberi jarak antara paragraf satu dengan paragraf yang lainnya.

Perbedaan Bentuk Paragraf

Mungkin muncul pertanyaan di dalam diri Anda, bagaimana tampilan paragraf di browser jika pengetikan paragraf di acak atau diberi enter seperti ini.

Meskipun cara Anda mengetik paragraf seperti itu, HTML paragraf yang ditampilkan di browser tidak akan mengikuti cara penulisan Anda. Browser akan menghapus tambahan spasi atau enter yang Anda lakukan di HTML paragraf.

HTML Line Break

Solusi kalau Anda ingin memberi jarak atau meng-enter kalimat yang masih menjadi satu paragraf adalah dengan menambah HTML line break yang memiliki tag khusus yaitu <br/>. <br/> adalah tag kosong, jadi tolong diingat – ingat untuk menutupnya dengan / (slash). 
Disini Anda bisa membuat baris baru tanpa mengetik paragraf baru.
Silakan Anda coba menambahkan tag <br/> dan lihat perbedaan dengan sebelumnya.

Tag Untuk Menebalkan dan Memiringkan

Dalam pembuatan paragraf, HTML sudah menyedia tag untuk menebalkan dan memiringkan huruf, kata, kalimat sampai paragraf. Saya akan memberi contoh satu per satu supaya Anda paham. Urutannya begini :
  1. Menebalkan dan memiringkan huruf
  2. Menebalkan dan memiringkan kata
  3. Menebalkan dan memiringkan kalimat
  4. Menebalkan dan memiringkan paragraf
Silakan Anda coba dan lihat perbedaannya masing – masing. Anda bisa coba untuk mengganti – ganti mana yang akan Anda ubah format penulisannya. Tapi hasil akhir kira – kira akan seperti ini.

Penting !
 Anda akan menemukan bahwa HTML memiliki tag <i> untuk memiringkan tulisan dan tag <b> untuk menebalkan tulisan, fungsinya sama seperti <em> dan <strong>. Sebetulnya untuk memformat suatu huruf, kata, kalimat atau paragraf tidak disarankan menggunakan tag – tag ini.
Para pakar HTML lebih menyarankan untuk mengubah format penulisan menggunakan CSS. Meski begitu empat tag ini <i><em><b><strong> akan memberi efek yang sama kalau Anda gunakan. Silakan coba saja agar lebih paham

setelah Anda peajari membuat paragraf dengan menggunakan HTML paragraf, di tutorial selanjutnya akan kita bahas tentang HTML style yang berguna untuk menghias elemen HTML.

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *