Windows 10 mengalami beberapa perubahan besar yang pernah dilakukan oleh Microsoft dan banyak fitur menarik ditawarkan saat memulai debutnya. Salah satu fitur yang diusung adalah Folder Quick Access. Pada artikel ini, kita akan melihat cara membackup dan merestore Folder Quick Access di Windows 10.

Folder Quick Access memberi pengguna tampilan file dan folder terbaru dan yang sering mereka gunakan. Dengan folder ini anda akan menemukan file atau folder yang tidak sengaja anda tutup dimana anda masih membutuhkannya. Ini pasti akan membuat anda lebih produktif. Pengguna juga memiliki opsi untuk menyematkan item ke Quick Access di Windows 10. Jika anda ingin mengaksesnya, maka anda hanya perlu membukan file explorer anda dan kemudian mengaksesnya melalui panel navigasi di sisi kiri.

Cara Backup Folder Quick Access di Windows 10

Untuk membackup Folder Quick Access, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian masukan perintah berikut di bawah ini dan tekan Enter.

  • Anda perlu memastikan bahwa anda tidak mengubah apapun disini, karena hal itu dapat menghapus file Quick Access anda.

  • Pergi ke Drive C anda, kemudian buat folder baru dan beri nama dengan TempQA. Setelah selesai membuatnya, tutup File Explorer.
  • Sekarang tekan Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin
  • Kemudian di jendela command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

  • Sekarang, semua file Quick Access anda telah dibackp di folder TempQA yang baru dibuat tadi.
  • Anda dapat mengonfirmasi ini dengan mengunjungi Drive C dan memeriksa folder TempQA untuk file Quick Access.

Restore Folder Quick Access di Windows 10
Jika anda ingin mentransfer file Quick Access ke komputer lain, cukup copy folder TemQA dan pastekan di Drive C komputer lain.
  • Untuk mengembalikan Folder Quick Access kita akan menggunakan Command Prompt. Jadi, buka Command Prompt dengan hak admin seperti cara diatas.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

  • Sekarang, luncurkan Task Manager dengan klik kanan Start atau menekan tobol Win + X dan pilih Task Manager dari daftar. Atau anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Process.
  • Selanjutnya temukan dan klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.

Sekarang, luncurkan File Explorer dan periksa Folder Quick Access anda. File Quick Access anda akan direstore secara otomatis.
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menghapus folder Quick Access dari File Explorer Windows 10 atau cara membuat folder tidak terlihat di Windows 10. Dan jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *