Jika anda adalah pengguna Linux atau Unix, saya yakin anda akan kehilangan terminal dan semua hal menakjubkan yang dapat anda lakukan dengan command line di Windows environment. Sering kali anda tidak perlu menggunakan command prompt di Windows, dan antarmuka penggunanya juga tidak ramah. Namun, jika anda perlu menggunakan terminal, Cygwin adalah tools terbaik untuk anda. Mari kita lihat cara menginstal dan mengkonfigurasi Cygwin di Windows environment.

Apa itu Cygwin

Cygwin adalah software open source dan gratis dengan banyak package opsional yang memungkinkan anda menjalankan dan mengeksekusi perintah kuno mirip Unix langsung di system Windows anda. Perhatikan bahwa ini tidak dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak Linux/Unix apapun.

Menginstall Cygwin

Untuk menginstal Cygwin, buka website resmi Cygwin dan download file .exe tergantung pada preferensi system anda (32-bit atau 64-bit). File .exe sendiri kecil karena pada saat menginstal software baru ia akan mendownload semua package yang dibutuhkan.

Setelah anda mendownload installer Cygwin, luncurkan installer dengan mengklik kanan dan memilih Run as administrator.

Anda akan disambut dengan layar selamat datang, cukup klik tombol Next untuk melanjutkan.

Selanjutnya di layar berikutnya, pilih Install from Internet dan klik tombol Next. Opsi ini akan mendownload semua package yang diperlukan untuk instalasi dan menyimpannya di direktori local untuk digunakan di masa mendatang.

Di halaman ini anda dapat memilih direktori root untuk instalasi Cygwin. Pengaturan default baik-baik saja kecuali anda ingin menyesuaikan direktori instalasi dan akses pengguna. Klik pada tombol Next untuk melanjutkan.

Di layar ini, anda dapat memilih direktori package local tempat menyimpan file yang didownload. Jika anda ingin mengubahnya, lanjutkan dan ubah lokasi direktori dengan mengklik tombol Browse. Jika tidak, klik tombol Next untuk melanjutkan.

Kecuali anda menggunakan semacam proxy HTTP untuk mengakses internet, biarkan saja opsi default dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

Disini anda dapat memilih situs download darimana anda ingin mendownload package yang diperlukan. Sayangnya, Cygwin tidak memberikan detail tambahan apapun seperti lokasi situs. Jadi pilih saja situs secara acak dan klik tombol Next.

Segera setelah anda mengklik tombol Next, Cygwin akan menampilkan semua package yang tersedia dalam kategori. Pada titik ini, anda dapat menyimpannya di pengaturan default dan mengklik tombol Next. Jika anda ingin menambahkan package ke instalasi Cygwin anda, maka anda dapat melakukannya dengan menjalankan installer sesuai kebutuhan.

Sekarang Cygwin akan mendownload semua package default dan menginstalnya. Download dan instalasi mungkin memerlukan waktu tergantung pada kecepatan Internet anda dan kecepatan server yang dipilih.

Setelah instalasi selesai, anda dapat mulai menggunakan Cygwin dengan meluncurkannya menggunakan shortcut desktop atau dari Start menu.

Atau anda dapat mengonfigurasi Cygwin agar berfungsi dengan command prompt normal Windows sehingga anda tidak perlu meluncurkan Cygwin secara khusus. Untuk melakukan itu, buka menu Start menu anda, kemudian pilih System. Jika anda menggunakan Windows 8 atau Windows 10, anda dapat mengakses bagian yang sama dengan menekan Win + X dan memilih System dari daftar.

Klik pada Advanced System Settings yang terletak di panel kiri untuk membuka System Properties. Di Windows 10, terletak di panel kanan jendela Settings.

Klik pada tombol Environmental Variables.

Gulir ke bawah dan pilih variabel jalur di bawah System variables dan klik tombol Edit.

Sekarang tambahkan lokasi di bawah ini (nilai variabel) di akhir baris. Jangan lupa untuk memisahkannya menggunakan ;. Jika anda telah memilih direktori instalasi yang berbeda saat menginstal Cygwin, ubahlah variabel lokasi di bawah ini. Setelah anda menambahkannya, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Mulai saat ini dan seterusnya, anda dapat menggunakan perintah Linux langsung di command prompt biasa Windows.

Semoga itu membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara aktifkan atau nonaktifkan dan update Windows Subsystem for Linux di Windows 10 atau cara membuat dan mengubah ukuran partisi dengan GParted. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini jika anda menghadapi kesulitan saat menginstal dan mengkonfigurasi Cygwin. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *