Dalam dunia video conference saat ini dan bekerja dari rumah, software seperti Zoom, WebEx dan Microsoft Teams menjadi semakin penting. Sebagai pengguna Linux, anda sering kali terbatas pada Zoom dan Google Meet, karena hal-hal seperti WebEx tidak akan berfungsi sama sekali dan yang lainnya tidak akan berfungsi dengan baik. Namun, sejak Microsoft merilis Teams untuk Linux, telah ada opsi lain, yang memungkinkan lebih banyak pengguna Linux untuk menggunakan Linux di tempat kerja mereka tanpa takut tidak dapat menghadiri rapat. Pada artikel kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara menginstall Microsoft Teams di Linux sehingga anda dapat mulai bekerja.

Cara Install Microsoft Teams di Linux

Ada dua cara utama untuk menginstall Microsoft Teams di Linux. Ini untuk orang-orang yang memiliki kasus penggunaan berbeda, tetapi penting untuk mewakili keduanya.

Cara pertama adalah membuka halaman Microsoft Teams Download untuk menemukan package yang sesuai untuk distro anda yang biasanya ditargetkan, baik itu file .deb atau .rpm. Ada juga package untuk Arch Linux di AUR. Ini akan berjalan sangat baik di system anda, tetapi anda harus menyesuaikan dengan cara umum package yang diupdate untuk Linux: membuka website dan mengambil versi terbaru.

Cara lainnya adalah melalui format package universal, seperti Snap dan Flatpak. Ini dapat membantu karena package ini terbatas, sehingga tidak akan memiliki terlalu banyak akses ke system anda, yang dapat berguna untuk tujuan telemetri. Ini juga memungkinkan distro yang tidak menggunakan file .rpm atau .deb atau tidak memiliki akses ke AUR, seperti Solus atau Clear Linux.

Menginstal Microsoft Teams di Linux

1. Melalui Halaman Download

Untuk menginstal dengan cara ini, buka halaman resmi Microsoft Teams Download dan klik Download for desktop.

Setelah anda berada disana, klik file yang sesuai untuk distro anda. Sebagai contoh, saya akan mendownload file .rpm karena saya menjalankan Fedora di system ini.

Setelah download selesai, kemungkinan akan muncul di software center pilihan anda, tetapi anda juga dapat menginstallnya dengan perintah dpkg atau rpm, tergantung pada system anda.

Setelah anda menginstal package, anda dapat membukanya, masuk, dan mulai menggunakannya.
2. Sebagai Snap atau Flatpak
Untuk menginstal sebagai Snap atau Flatpak, pastikan anda telah menginstal snapd atau flatpak di system anda. Kebanyakan distro sekarang memiliki satu atau yang lain yang sudah diinstal sebelumnya.
Kemudian, gunakan salah satu dari perintah berikut untuk menginstal package universal.

Klik ikon di menu aplikasi anda dan masuk dengan akun Teams anda.

Sekarang setelah anda mengetahui cara menginstal Microsoft Teams di Linux, pastikan anda memeriksa beberapa konten Linux kami yang lain, seperti cara sinkronisasi Microsoft OneDrive dengan Linux dan cara mengatur local web server di Windows, Mac dan Linux.
Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *