Tutorial instalasi CandyCBT di hosting
Instalasi CandyCBT di Hosting

Pada postingan sebelumnya Kangenge sudah memberitahukan bahwa Ilmu Sekolahan sudah memiliki aplikasi CBT (Computer Base Test) sendiri yang bisa digunakan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja serta gratis. Computer Base Test (CBT) ini merupakan sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer.

Pendahuluan

Pada beberapa tahun yang lalu sistem pelaksanaan ujian masih menggunakan kertas dan pensil, namun kini sudah berganti menggunakan sistem CBT ini. Sistem konvensional yang menggunakan kertas dan pensil dinilai kurang efisien dan memakan anggaran yang cukup besar sehingga kini para pelaksana ujian beralih menggunakan sistem CBT.

Sistem CBT ini dinilai lebih efektif dan efisien serta tidak menghasilkan sampah, lain hanya dengan sistem ujian konvensional yang pasti menghasilkan sampah kertas. Selain itu sistem CBT juga sifatnya fleksibel bisa diakses dari mana saja, menggunakan perangkat (device) apa saja dan kapan saja namun tentunya sesuai dengan jadwal ujian yang tersedia. 

Saat ini Ilmu Sekolahan menyediakan ujian gratis (Tryout) untuk siswa SMA. Info lebih lanjut terkait pelaksanaan tryoutyang diselenggarakan oleh Ilmusekolahan.com kunjungi halaman berikut ini.

Mengenai cara membuat aplikasi ujian online berbasis web ini sebenarnya bukan secara langsung kita membuat aplikasinya. Hal tersebut tentunya rumit dan perlu ilmu yang cukup namun pada tutorial edukasi kali ini lebih tepatnya kita akan menginstallkan aplikasi ujian online berbasis web tersebut ke hosting sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja tidak perlu terhubung ke jaringan local (localhost).

Persiapan Installasi Aplikasi Ujian Online CBT

Sebelum melakukan installasi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal-hal tersebut antara lain:

Hosting dan domain

Dalam proses meng-online-kan aplikasi ujian online berbasis web diperlukan penyimpanan yang siap sedia diakses selama 24 jam. Penyimpanan tersebut biasa disebut hosting. Hosting merupakan sebuah penyimpanan yang menjadi tempat disimpannya file-file website sehingga bisa diakses melalui internet. 

File-file yang dapat disimpan di hosting diantaranya file, text, script, gambar, video dan sebagainya. Intinya hosting merupakan sebuah penyimpanan online dimana hosting menjadi rumah bagi website atau aplikasi ujian online yang akan kita installasikan.

Hosting dapat dibeli diberbagai perusahaan penyedia hosting. Harganya bervariasi tergantung spesifikasi yang digunakan. Biasanya ada hosting yang didesain khusus untuk CBT namun harganya relatif lebih mahal.

Namun pada tutorial kali ini Kangenge menginstall CBT ini menggunakan hosting yang sederhana spesifikasinya tidak terlalu keren dan pastinya harganya relatif murah. Namun ingat pemilihan hosting harus tepat karena akan mempengaruhi performa website nantinya. Silahkan cari informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi hosting untuk CBT.

Ada hosting, ada juga domain. Domain merupakan nama dari website yang akan kita buat. Domain menjadi identitas yang menjadi pembeda antara website kita dengan website orang lain. Intinya domain merupakan identitas dari sebuah website.

Biasanya jika menggunakan hosting gratis (disediakan oleh vendor) bisa langsung mendapatkan domain. Misalnya jika kita membuat blog menggunakan  Blogger maka secara otomatis kita mendapatkan domain .blogspot.com. Namun berbeda dengan hosting yang dibeli sendiri, kamu harus membelinya juga. Hosting dapat dibeli dan dibayar per bulan atau per tahun.

Nama domain bervariasi, diantaranya ada yang terkenal seperti .com, .id, .org, .co.id, dan sebagainya. Harganya pun bervarias tergantung nama domain yang dipakai. Biasanya domain didapatkan dengan membelinya per tahun. Selain menjadi nama, domain juga dapat mempercantik blog dan membuat blog terlihat lebih profesional. 

Installer CBT

Banyak tersebar di luar sana aplikasi CBT berbasis web yang gratis. Namun Kangenge lebih memilih CandyCBT.  CandyCBT dipilih karena tampilannya yang menarik dan pengoperasian yang mudah. Kita tidak harus mempunyai skill ngoding untuk mengkonfigurasikan CandyCBT ini. For your information pada kesempatan kali ini Kangenge menggunakan CandyCBT Versi 2.9. Installer CandyCBT bisa didapatkan di situ resminya yaitu cbtcandy.com.

Agar memudahkan proses installasi nantinya, installer CandyCBT yang sudah didownload tadi diextarct terlebih dahulu. Setelah installer tersebut diextract, lalu file terseut dicompress lagi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan password protect yang ada pada file zip yang didownload dari situs CandyCBT. 

Akses internet

Tentu saja proses installasi CandyCBT ini memerlukan akses internet. Sepertinya Kangenge tidak perlu menjelaskan lebih lanjut mengenai ini, hehehe. 

Tata Cara Installasi CandyCBT di Hosting

Setelah persiapan installasi sudah dilakukan, selanjutnya kita akan langsung mengeksekusi dan menginstall CandyCBT di hosting agar bisa diakses oleh semua orang. Adapun tata caranya antara lain:

Login ke Cpanel hosting

Setelah membeli hosting dan domain tentunya kita akan diberi akses untuk mengkonfigurasikan hosting yang kita beli. Metode masuknya berbeda-beda, tergantung penyedia hostingnya. 

Cara instalasi CandyCBT di hosting
Tampilan menu Cpanel hosting

Buat subdomain yang akan dipakai

Setelah masuk ke Cpanel hosting, buatlah subdomain yang nantinya akan dipakai menjadi domain CBT tersebut. Misalnya seperti subdomain CBT Ilmu Sekolahan ini https://cbt.ilmusekolahan.my.id. Selain bisa menggunakan subdomain, kita juga bisa menggunakan domain utama. Namun jika menggunakan domain utama ada beberapa konfigurasi yang berbeda nantinya. 

Ketiga upload Installer CBTnya ke hosting

Kembali ke menu utama Cpanel hosting, lalu buka File Manager. Lalu masuk ke menu disebelah kiri yang sesuai dengan subdomain yang dipakai. Lalu upload file installer CandyCBTnya yang tadi sudah dipersiapkan. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai. Setelah proses upload selesai extract file tersebut. Tunggu sampai seluruh file tersebut tampil dan siap untuk proses selanjutnya.

Buatlah database melalui menu MySQL Database

Kembali ke menu utama Cpanel hosting, lalu pilihlah menu MySQL Database. Masukan nama database yang akan digunakan nantinya. Ingat baik-baik nama database ini karena nantinya akan dikonfigurasikan dengan installer CBT. Jangan lupa klik “Create Database”.

Setelah itu, masih di menu MySQL Database pada bagian “MySql Users Add New User” masukan username dan password lalu klik tombol “Create User”. Selah sukses kembali ke menu MySql lagi.

Masih di menu MySQL Database juga pada bagian “Add User to Database” pilihlah user dan database yang tadi telah dibuat. Pastikan semuanya benar. Jangan lupka klik tombol “Add”.

Setelah diklik tombol “Add” akan muncul menu “Manage User Privileges”. Lalu klik kotak kecil disamping tulisan “ALL PRIVILEGES”. Jangan lupa klik tombol “Make Changes” di bawah tepat disamping tombol “Reset”.

Install CandyCBT di hosting
Menu MySQL Database

Pastikan Current PHP Version

Sistem CandyCBT ini akan optimal ketika berjalan dengan PHP versi 7.3. Sehingga pastikan PHP yang berjalan dalam hosting versinya 7.3. Untuk memastikannya kita bisa melihat pada PHP Selector di menu utama Cpanel hosting. 

Atur beberapa bagian di MultiPHP INI Editor

Setelah versi PHP yang digunakan sesuai yaitu 7.3 selanjutnya adalah mengatur beberapa pagian di MultiPHP INI Editor. Menu ini ada tepat di bawah menu PHP Selector tadi. Pilihlah subdomain yang tadi yang akan digunakan. Lalu atur beberapa hal sesuaikan dengan settingan yang Kangenge rekomendasikan ini

PHP Directive Setting
max_execution_time 30000
max_input_time 60000
memory_limit 320M
post_max_size 128M
upload_max_filesize 128M
zlib.output_compression Enable

Setelah itu jangan lupa klik tombol “Apply” untuk menyimpan.

Buat tabel di phpMyAdmin

Sekarang kita akan membuat tabel databasenya. Tidak perlu khawatir karena dalam installer CandyCBT sudah ada file databasenya, kita hanya perlu import saja. Sehingga tabel akan otomatis dibuat.

Masuk ke menu phpMyAdmin lalu pilih “Import” tepat di bagian atas. Lalu klik tombol “Choose File” maka kita disuruh untuk memilih file databasenya. Pilih file databasenya, letak file tersebut ada di folder config dan nama filenya ecandy28.sql pastikan berakhiran .sql. Setelah itu klik tombol “Go” atau “Kirim” di kiri bawah. Tunggu sampai proses selesai.

Instalasi CBT Candy di hosting
Import database

Konfigurasi file config

Setelah pembuatan tabel di phpMyAdmin selesai, selanjutnya adalah mengkonfigurasikan berbagai file config untuk menghubungkan database dengan aplikasi CBT yang akan kita gunakan dan mengatur penggunaan aplikasi di subdomain.

Pertama untuk menghubungkan database dengan aplikasi caranya yaitu masuk ke File Manager lalu cari folder yang bernama “config.database.php” di folder “config” di file yang tadi kita extract tersebut. Klik kanan lalu klik “Edit”. Maka akan muncul tabilan teks editor pada tab baru di browser. 

//konfigurasi server database
$host = 'localhost'; //Tetap seperti ini
$user = 'root'; //Isi dengan username yang tadi ditambahkan
$pass = ' '; //Isi dengan password yang tadi digunakan
$debe = ' '; //Isi dengan nama database yang tadi sudah ditambahkan

Setelah itu jangan lupa klik tombol “Save Changes” di sebelah kanan atas.

Kedua kita akan mengkonfigurasikan penggunaan aplikasi CBT ini di hosting dan subdomain. Masih di folder “config” cari file dengan nama “config.default.php” lalu klik “Edit”

Disana keterangannya sudah jelas, jadi kita tinggal menghapus dan mengaktifkannya saja. Jangan lupa setelah diubah klik tombol “Save Changes” di sebelah kanan atas seperti biasa.

Installasi Selesai

Setelah proses-proses tersebut dilakukan dan tidak terjadi error, maka installasi CandyCBT di hosting sudah dilakukan dan berhasil. Sekarang aplikasi ujian berbasis webnya sudah mengudara dan siap digunakan di mana saja dengan menggunakan perangkat apa saja. 

Sekian artikel tentang cara instalasi CBT Candy di hosting. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih selamat belajar!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *