Ketika anda mem-boot komputer Windows 10, anda mungkin menemukan pesan Error 0211: Keyboard not found. Error ini dapat  terjadi karena beberapa hal seperti masalah pada port USB ataupun masalah pada driver. Artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang paling sesuai.

Memperbaiki Error 0211: Keyboard not found

Jika anda dihadapkan pada masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah anda.

1. Pindahkan ke Port USB Lain

Port USB keyboard anda mungkin mengalami masalah. Jadi metode pertama untuk perbaikan ini adalah memindahkannya ke port USB lainnya. Sebagai masukan yang baik, gunakan port USB yang langsung dari motherboad, yang terletak dibagian belakang CPU anda.

2. Uninstall Driver

Anda dapat mencoba menguninstall driver saat ini, kemudian install versi driver terbaru dari website produsen keyboard anda. Anda dapat membaca cara menghapus driver lama dan tidak berguna di Windows 10.

3. Clear CMOS

Solusi ini mengharuskan anda untuk melakukan clear CMOS untuk mereset BIOS anda. Jika error terjadi karena pengaturan BIOS yang salah konfigurasi, maka mereset BIOS ke default kemungkinan besar akan memperbaiki masalah ini.

Anda dapat mereset pengaturan BIOS ke default dengan melepas dan memasukkan kembali baterai CMOS di Motherboard anda. Baterai CMOS berbentuk datar dan bulat seperti baterai jam tangan namun ukurannya lebih besar. Jika itu tidak dapat dilepas, maka jangan coba melepasnya. Sebaliknya, gunakan jumper  atau gunakan opsi Load Setup Defaults di pengaturan BIOS.

Jika anda menggunakan jumper untuk clear CMOS, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pastikan PC anda tidak terhubung ke listrik.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power beberapa detik untuk menghilangkan sisa arus pada PC anda.
  • Temukan jumper di sekitar baterai yang bertuliskan CCMOS atau sejenisnya.
  • Sekarang pindahkan jumper ke sisi lainnya. Misalkan jika jumper anda sekarang berada di pin 1 dan 2 maka pasangkan ke pin 2 dan 3. Setelah itu kembalikan ke posisi semula. Jika anda hanya memiliki 2 pin CCMOS, maka gunakan obeng untuk menhubungkan kedua pin tersebut.

Jika anda bingung dengan metode diatas, anda dapat meresetnya dari dalam BIOS.

  • Masuk ke pengaturan BIOS anda dengan menggunakan tombol F1, F2 , F10, Esc, Delete atau tombol lainnya. Lihat buku panduan motherboard anda untuk mengetahui tombol pastinya.
  • Setelah di BIOS, alihkan ke tab Exit atau tab lainnya, dimana itu memiliki opsi Load Setup Defaults atau Load Optimized Defaults atau yang mirip dengan itu.
  • Gunakan tombol panah untuk memilihnya, kemudian tekan Enter untuk mereset BIOS anda.
  • Selanjutnya simpan dan keluar dari pengaturan BIOS.

Untuk clear CMOS di notebook Windows 10 anda, lakukan hal berikut. Anda mungkin memerlukan layanan teknisi hardware.

  • Matikan semua perangkat periferal yang terhubung ke komputer dan lepaskan kabel power dari listrik.
  • Lepaskan penutup laptop anda dan lepaskan baterai dari konektornya.
  • Tunggu satu jam, kemudian sambungkan kembali baterai dan pasang kembali penutup laptop anda.

Setelah melakukan salah satu metode diatas untuk mereset BIOS anda, ketika komputer dinyalakan, itu harus booting secara normal tanpa mendapatkan error tersebut kembali. Jika tidak coba solusi berikutnya.

4. Lakukan System Restore

Ketika anda mengalami error ini, keyboard menjadi tidak responsif dan satu-satunya cara untuk keluar dari pesan error adalah mematikan system saat boot Windows 10 berhenti pada saat ini.

Jika anda tidak tahu apa yang berubah yang mungkin akhirnya mengganggu keyboard, anda dapat melakukan System Restore tetapi kali ini prosedurnya adalah ketika anda tidak dapat mem-boot ke desktop di Windows 10 seperti pada kasus ini.

5. Periksa Apakah Keyboard Mengalami Hubungan Arus Pendek

Ikuti petunjuk di website produsen laptop untuk melepas keyboard dalam hal melepas sekrup. Lepaskan baterai dari tempatnya dan pastikan tidak ada arus yang tersisa sebelum mengutak-atiknya. Lepaskan sekrup di bagian belakang laptop anda. Jangan benar-benar membongkar notebook, cukup lepas sekrupnya. Ganti baterai dan hidupkan system anda dan lihat apakah itu berfungsi. Jika tidak, perbaikan ini bukan untuk anda.

Tapi, Jika berhasil, matikan lagi dan keluarkan baterai. Pasangkan kembali sekrup yang dimulai dari bagian depan casing. Ganti baterai dan hidupkan system anda. Jika berfungsi, maka keyboard terhubung dengan arus pendek oleh salah satu sekrup. Atau anda juga dapat mencobanya dengan memasang satu per satu sekrup yang ada.

Semoga ini membantu! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi atau memperbaiki bunyi bip keyboard saat mengetik di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *