Anda mungkin pernah mengalami error CLR20R3 saat meluncurkan aplikasi di Windows 10. Error ini dapat terjadi ketika file aplikasi tersebut rusak atau komponen system yang hilang. File-file yang bermasalah ini dapat menyebabkan bug dalam program dan mempersulit akses ke file registry untuk program-program ini. Meskipun error CLR20r3 tidak fatal, namun error ini dapat menyebabkan ketidakstabilan di PC anda dan menghentikan anda untuk membuka beberapa aplikasi yang diinstall pada PC anda. Ketika error ini terjadi, ia akan menampilkan pesan Program has stopped working dengan Problem event name: CLR20R3.

Memperbaiki Error CLR20R3

Error ini mungkin terlihat agak rumit tetapi anda dapat memperbaikinya dengan beberapa solusi sederhana. Dan inilah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error CLR20R3 saat meluncurkan aplikasi.

1. Jalankan Program Dalam Compatibility Mode

Ketika error ini terjadi, anda dapat menjalankan program tersebut dalam Compatibility Mode dan lihat apakah itu membantu anda.

  • Klik kanan pada program atau ikon shortcut program pada folder tempat anda menginstallnya dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Compatibility.
  • Disini, beri ceklist pada Run this program in compatibility mode for dan pilih versi Windows dimana anda tahu program ini berfungsi pada menu drop down.

  • Jika anda menjalankan Windows 10, pilih versi Windows sebelumnya dimana programnya berjalan dengan baik.
  • Selanjutnya klik OK  untuk menyimpan pengaturan anda.

2. Reset Windows Media Component

Dalam solusi pertama, kita perlu mendaftarkan ulang Windows Media Component. Ini akan memperbaiki jika komputer anda rusak atau Windows Media Component pada PC anda rusak.

  • Untuk melakukan itu, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk meluncurkan Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membukanya dengan mencarinya di Start Menu atau lewat Search Windows.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

Perintah diatas akan mereset Windows Media Component dan mudah-mudahan ini akan memperbaiki error CLR20R3 saat meluncurkan aplikasi.
3. Instal Ulang Windows Media Player
Jika mereset Windows Media Component tidak menyelesaikan masalah, kita harus menginstall ulang Windows Media Player. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah yang dibawah ini.
  • Klik Search pada taskbar kemudian ketik Windows feature dan klik Turn Windows feature on or off untuk menjalankannya.
  • Sekarang, perluas Media Features.
  • Selanjutnya hapus ceklist pada Windows Media Player, kemudian klik Yes pada jendela konfimasi dan klik OK.

  • Terakhir, restart PC anda.
  • Setelah booting, lakukan langkah yang sama. Kali ini beri ceklist pada Windows Media Player dan restart komputer anda sekali lagi.
4. Kelola .NET Framework
Masalah ini juga bisa terjadi karena .NETFramework. Jadi, kita perlu merestart dan memeriksa .NETFramework, apakah itu memperbaiki masalah yang dihadapi. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.
  • Buka kembali Windows feature seperti pada langkah diatas.
  • Kali ini hapus ceklist pada .NET Framework 3.5 dan .NET Framework 4.8 kemudian klik OK.

  • Setelah melakukannya, restart komputer anda.
  • Setelabooting, lakukan langkah yang sama. Kemudian beri ceklist pada .NET Framework 3.5 dan .NET Framework 4.8. Selanjutnya restart kembali komputer anda.
Anda juga harus mengupdate System Operasi anda karena secara otomatis akan memperbarui .NET Framework (jika ada pembaruan yang tersedia). Untuk melakukan itu, buka Settings dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih Updates & Security dan klik Check for Updates untuk memeriksa update. Jika tersedia update, silahkan download dan install.
Jika anda ragu untuk menguninstall .NET Framework, maka anda dapat menggunakan Microsoft .NET Framework Repair Tool untuk memperbaikinya.
Hanya itu yang dapat anda lakukan. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara reset program ke pengaturan default di Windows atau apa itu Microsoft Support Diagnostic Tool dan cara menggunakannya.
Semoga salah satu metode diatas memperbaiki error CLR20R3 saat meluncurkan aplikasi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *