On-Screen Keyboard adalah fitur built-in yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer mereka meskipun keyboard fisik mereka tidak berfungsi. On-Screen Keyboard juga sedikit lebih aman daripada keyboard fisik yang sebenarnya karena anda dilindungi dari keylogger. Dan tentunya On-Screen Keyboard juga membantu anda saat dalam Tablet Mode.

Perlu anda ketahui bahwa walaupun keduanya sama dan dapat digunakan pada layar sentuh namun dari segi tampilan, On-Screen Keyboard berbeda dengan Touch Keyboard. Dimana On-Screen Keyboard dari segi tampilan mirip dengan keyboard fisik anda dan tidak menyertakan fitur khusus lainnya. Sementara Touch Keyboard, mirip dengan keyboard fisik jika anda mengaturnya, namun pada Touch Keyboard menyertakan fitur lainnya seperti handwriting tool dan juga karakter khusus dan aksen atau emoji dan emoticon

Oleh karena itu, jika On-Screen Keyboard anda berhenti berfungsi, maka anda bisa mendapatkan sedikit masalah. Untungnya, ada beberapa tips pemecahan masalah sederhana untuk memperbaiki On-Screen Keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10.

On-Screen Keyboard Tidak Berfungsi

Sebelum menyimpulkan bahwa ada yang salah dengan On-Screen Keyboard anda, anda harus mengetahui cara mengaktifkan fitur ini.

Untuk melakukan itu, tekan Win + S, kemudian ketik Turn the on-screen keyboard on or off dan klik Open. Sekarang, aktifkan opsi Use the On-Screen Keyboard di panel kanan.

Atau anda dapat menggunakan shortcut keyboard Win + Ctrl + O untuk mengaktifkan On-Screen Keyboard. Jika anda masih menghadapi masalah, coba metode berikut untuk memperbaiki masalah.

Pada artikel ini, saya akan mencoba memperbaiki semua kemungkinan error yang dapat dihadapi seseorang saat menggunakan On-Screen Keyboard, seperti On-Screen Keyboard yang tidak diluncurkan saat Startup, tidak mendaftarkan input, tidak berfungsi dengan Edge atau Chrome dan lainnya.

Namun pada beberapa solusi dibawah ini, anda mungkin memerlukan keyboard fisik yang berfungsi dengan baik. Artikel ini juga akan menunjukkan cara menggunakan komputer tanpa keyboard atau mouse.

Mari kita bahas metode perbaikan satu per satu secara mendetail.

1. Periksa Touch Keyboard Services

Hal pertama dan terpenting yang perlu anda lakukan adalah memeriksa apakah services Touch Keyboard and Handwriting Panel di atur ke otomatis.

  • Untuk melakukan itu, luncurkan Services dari Start Menu atau menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada Touch Keyboard and Handwriting Panel Service di panel kanan.

  • Selanjutnya ubah bagian Startup type ke Automatic, kemudian klik Apply dan OK.

  • Sekarang, restart komputer anda dan periksa apakah masalah masih berlanjut.

2. Aktifkan Touch Keyboard Saat Dalam Tablet Mode

Jika anda berada dalam Tablet Mode tetapi Touch Keyboard atau On-Screen Keyboard tidak muncul, maka anda perlu mengunjungi Settings Tablet dan memeriksa apakah anda telah menonaktifkan Show the touch keyboard when there’s no keyboard attached.

  • Untuk melakukan itu, luncurkan Settings Windows dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih System di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Tablet di panel kiri, sementara di panel kanan, klik Change additional tablet settings.

  • Di halaman selanjutnya, aktifkan opsi Show the touch keyboard when there’s no keyboard attached.

  • Sekarang, masuk ke Mode Tablet, dan semoga masalah ini teratasi.

3. Jalankan System File Checker

Jika masalahnya karena file yang rusak maka menggunakan System File Checker (SFC) dapat membantu. Untuk melakukan itu, anda dapat membacanya disini.

Ini akan mencari dan memperbaiki semua file rusak yang mungkin anda miliki dan mudah-mudahan akan memperbaiki masalah On-Screen Keyboard yang tidak berfungsi.

4. Buat Shortcut untuk On-Screen Keyboard

Salah satu cara untuk meluncurkan On-Screen Keyboard adalah dengan mengklik kanan pada Taskbar dan memilih Show touch keyboard button. Anda kemudian dapat mengklik ikon Touch Keyboard dari Taskbar. Tetapi jika anda tidak dapat meluncurkan On-Screen Keyboard dengan metode ini, anda mungkin ingin membuat shortcut untuk melakukan hal yang sama.

  • Untuk membuat shortcut On-Screen Keyboard atau Touch Keyboard di desktop, klik kanan pada desktop dan pilih New – Shortcut.

  • Selanjutnya, masukan alamat berikut di bagian Type the location of the item dan klik Next.

  • Selanjutnya, beri nama shortcut dan klik Finish.

Dengan cara ini, shortcut akan dibuat di desktop komputer anda dan anda dapat mengakses On-Screen Keyboard dari sana dengan mengklik dobel pada shortcut tersebut.

5. Ubah Target Chrome/Edge
Ini adalah skenario khusus, tetapi jika anda menghadapi masalah dalam menggunakan On-Screen Keyboard di Chrome atau Edge, maka solusi ini cocok untuk anda.
  • Klik kanan pada shortcut Chrome atau Edge dan pilih Properties.
  • Kemudian klik opsi Target dan tekan Spasi.
  • Selanjutnya copy perintah berikut dibawah ini  dan paste ke opsi Target.

  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
Ini adalah beberapa solusi untuk memperbaiki On-Screen Keyboard yang tidak berfungsi di Windows 10. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki keyboard Laptop tidak berfungsi atau cara mengontrol kursor mouse anda dengan keyboard di Windows 10.
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *