Di Windows, anda mungkin sering menemukan nama file yang tidak pernah anda dengar dan karenanya anda menganggapnya itu patut dicurigai. Namun, tidak semuanya harus dianggap sebagai virus atau malware. Kebanyakan dari mereka adalah file sah yang diperlukan untuk beberapa proses. Salah satu contohnya adalah file MPSigStub.exe. Terkadang file ini diketahui menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi.

Penggunaan CPU MPSigStub yang Tinggi di Windows 10

MPSigStub.exe adalah file untuk membantu menginstal update Windows. Ini lebih dikenal sebagai Microsoft Protection Signature Stub. Fungsi file ini terutama mengekstrak Windows Update yang didownload di PC anda. Aktivitas ini dapat mengakibatkan penggunaan CPU yang tinggi, tetapi masalah ini hanya berlangsung selama beberapa menit. Jika anda sering menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba beberapa metode dibawah ini untuk memperbaikinya.

MPSigStub dapat ditemukan di folder C:Program Files. Kadang-kadang, judulnya mungkin muncul diperpanjang oleh sekelompok huruf dan angka acak atau rangkaian angka dan huruf yang berukuran serupa. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini semua adalah temporary file atau file sementara yang dibuat oleh Windows Update sebagai bagian dari proses update.

1. Periksa apakah Update Windows sedang Berlangsung

Karena file tersebut berkaitan dengan update Windows, maka anda dapat melihat lonjakan penggunaan CPU saat proses update sedang berjalan. Oleh karena itu, anda dapat memberikan waktu padanya untuk melakukan proses update dan jika selesai itu akan kembali normal.

Jika setelah selesai proses update terus menunjukkan lonjakan dalam waktu yang lama, maka coba install update secara manual melalui website Microsoft Update Catalog.

2. Periksa Lokasi File

File OS MPSigStub.exe yang sah ditemukan di lokasi C:WindowsSystem32. Jika anda menemukannya di tempat lain, itu mungkin malware.

Dalam hal ini, anda bisa menggunakan Task Manager (buka dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc). Selanjutnya temukan proses MPSigStub, kemudian klik kanan padanya dan pilih Open file location.

Sesampai disana anda dapat menscan file dengan software antivirus anda. Anda juga dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau AntiVirus Rescue Media, jika ragu.

Menjalankan full scan antivirus harus menghapus malware sepenuhnya dari PC anda.

3. Hapus Paksa File Malware

Jika anda menemukan bahwa file tersebut terletak di folder non-system, anda dapat menggunakan tools pihak ketiga untuk menghapus paksa file malware ini.

Beberapa orang telah melaporkan bahwa mereka menemukan file malware di lokasi tersembunyi di C:8c7dc26a331d59f4b1fa75799e.

Anda perlu membuat Windows menampilkan file tersembunyi dan kemudian jika anda melihatnya dijalur tersebut, maka anda dapat menghapusnya dengan aman.

4. Ganti File Resmi

Mungkin juga file MPSigStub.exe yang sah mungkin rusak. Dalam skenario ini, anda dapat menjalankan scan SFC untuk mengganti file ini yang berpotensi rusak.

Jika ini tidak membantu, anda harus mengikuti prosedur disini atau disini untuk memperbaiki file system yang rusak di Windows 10.

Catatan: Saya tidak menyarankan anda menghapus file system MPSigStub.exe yang sah atau mengubah file permission.

Sekian tutorial kali ini dan semoga itu membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *