Program yang biasanya dijalankan secara otomatis di startup windows adalah program anti virus, internet download manager, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Tahukah kita bahwa kita dapat menambahkan program atau aplikasi untuk dapat dijalankan di startup windows 7? Jawabannya adalah bisa. Dengan cara mengatur program startup kita juga dapat mengurangi program yang dijalankan di startup windows 7.
Ketika kita membutuhkan sesuatu untuk berjalan tanpa harus kita jalankan secara manual di tengah kinerja dengan komputer, maka kita harus menempatkannya di startup. Misalnya saja suatu aplikasi pembantu yaitu gadwin printscreen untuk printscreen atau mungkin sticky notes, dan program-program lain yang penting untuk dijalankan di startup windows.
Atau justru mungkin saja kita malah ingin mengurangi program yang berjalan di startup karena memberatkan kinerja komputer kita. Terkadang memang ada program yang diinstal, kemudian tanpa konfirmasi terlebih dahulu program tersebut berjalan secara otomatis pada saat startup.

Langkah Mudah Mengatur Startup Windows 7

Untuk dapat mengatur program apa saja yang berjalan di startup windows 7, langkah mudahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka msconfig dengan cara menekan tombol windows kemudian tuliskan msconfig di kolom Search programs and files. Tekan Enter.
  2. Atau buka dengan cara tekan tombol windows+R bersamaan. Kemudian ketikan msconfig.
  3. Kemudian akan muncul window System Configuration, pilih tab menu Startup.
  4. Kemudian hilangkan centang untuk program yang tidak ingin dijalankan pada saat startup windows.
Berikut agar lebih mudah dipahami dengan menggunakan gambar. Klik gambar untuk memperbesar.
Jalankan msconfig.exe
Search Msconfig
Run Msconfig
Run Msconfig
Window System Configuration
Window System Configuration
Jika ada program yang tidak dikehendaki untuk berjalan pada saat startup, maka hanya perlu menghilangkan centang pada daftar program stratup windows 7 seperti gambar diatas dan begitu sebaliknya.

Cara Menambahkan Program di Startup Windows 7

Selain mengurangi program yang berjalan di startup, ada kalanya kita membutuhkan program untuk berjalan pada saat starup. Jika program tersebut adalah program yang menyediakan fitur untuk dapat berjalan di startup, maka kita dapat mengaturnya di program tersebut. 
Akan tetapi untuk program khusus, misalnya saja bagaimana menjalankan aplikasi sticky notes pada saat startup agar dapat membaca memo setiap kali bekerja dengan komputer, ada cara khusus juga yang sederhana. Cara sederhana tersebut adalah dengan menambahkan shortcut program ke folder Startup di All Programs.
Cukup dengan memasukan shortcut aplikasi ke folder berikut :

C:ProgramDataMicrosoftWindowsStart MenuProgramsStartup

Folder Startup Windows 7
Folder Startup
Maka pada saat startup windows 7, shortcut program yang berada di folder tersebut akan berjalan secara otomatis.  Sekian saja bagaimana cara mengatur startup windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *