Saat anda menghapus profil pengguna di Windows 10 menggunakan pengaturan user account, maka Windows akan menghapus semua file dan data anda. Namun, jika tidak disengaja karena anda telah menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tools command line yang tidak selesai, maka artikel ini akan membantu anda. Biasanya, ketika ini terjadi, anda tidak dapat masuk ke Windows 10 dengan akun tersebut dan satu-satunya hal yang dapat anda pikirkan adalah memulihkan data pengguna yang tersisa.

Cara Mengembalikan Profil Pengguna yang Dihapus Secara Tidak Sengaja dan Sekarang Tidak Dapat Masuk

Anda mungkin tidak sengaja menghapus profil pengguna anda dan menyebabkan anda tidak dapat masuk ke Windows 10. Kejadian ini memang jarang terjadi namun itu mungkin bisa terjadi pada anda. Jadi apa yang dapat anda lakukan sekarang? Bagaimana cara anda kembali login? Atau bagaimana anda dapat merestore user account atau file pengguna anda?

Untuk mengatasi hal ini, ada dua metode yang dapat membantu anda selain menggunakan software restore file. Metode ini bisa berhasil, tetapi bisa menjadi tidak praktis. Namun, untuk mendapatkan kembali file atau data penting anda yang ada didalamnya, anda patut mencobanya.

1. Lakukan System Restore

Jika anda sering membuat system restore, merestore komputer ke working state dapat mengembalikan user account dan semua filenya untuk hari itu. Anda memerlukan akun administrator untuk melakukan ini.

Masuk menggunakan akun administrator anda, kemudian cari dan buka System Restore di Start menu. Anda kemudian dapat memilih daftar tanggal restore point yang dapat anda gunakan untuk merestore Windows anda. Setelah prosesnya selesai, restart komputer dan anda akan melihat akun anda kembali di login screen.

Untuk lebih lengkapnya cara melakukan system restore, anda dapat membaca artikel saya tentang menggunakan system restore untuk memulihkan Windows.

2. Restore Secara Manual Menggunakan Registry

Jika penghapusan akun disebabkan oleh file yang rusak atau software pihak ketiga, kemungkinan besar akun anda masih ada. Anda dapat melakukan perbaikan registry untuk mengembalikannya.

  • Buka registry editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Rregistry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini untuk menemukan profil pengguna anda.

  • Semua profil pengguna akan terdaftar dengan nama yang mirip dengan S-1-5-21-3897688264-4071356313-2984372075-1001.
  • Cari salah satu yang memiliki .bak di akhir nama, misalnya, S-1-5-21-3897688264-4071356313-2984372075-1001.bak.
  • Hapus key yang tidak memiliki akhiran .bak, kemudian ganti nama dengan akhiran .bak menjadi nama yang tidak lagi memiliki akhiran .bak.
  • Buka File Explorer, kemudian cari folder profil pengguna yang hilang tersebut di C:Users dan catat jalur tersebut. Jalur ini harus dimasukkan ke dalam ProfileImagePath.

  • Di jendela registry editor, klik dobel pada ProfileImagePath, kemudian masukan jalur yang anda catat ke bagian value data dan klik OK.

Apakah Anda Kehilangan Akun Administrator?
Jika anda kehilangan akun administrator anda dan tidak ada cara untuk login ke komputer, maka anda dapat menggunakan metode Advanced Startup Options untuk mengaktifkan akun super administrator dan kemudian menggunakannya untuk membuat akun baru. Anda juga dapat menggunakan akun administrator untuk masuk ke folder C:users dan kemudian mencari file di dalamnya.
  • Di Advanced Startup Options, pilih Troubleshoot – Advanced Options dan klik Command Prompt.
  • Di command prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.
  • Kemudian restart komputer dan gunakan P@$$w0rd untuk login ke akun tersebut.
Saya harap artikel ini mudah diikuti dan anda dapat merestore user account atau setidaknya file. Jika profil pengguna anda rusak maka anda dapat membaca cara memperbaiki profil pengguna yang rusak di Windows 10 untuk mengatasinya. Baca juga artikel saya tentang apakah akun utama anda adalah akun administrator? Baca ini!
Sekiantutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *