Secara default, jam pada Windows 10 diatur dengan format 12 jam, yang telah terjadi sejak awal. Sebagian besar pengguna cukup puas dengan pengaturan default ini  dan untuk selanjutnya mereka tidak perlu melakukan perubahan apapun. Namun, bagi mereka yang lebih suka memiliki format waktu 24 jam di taskbar mereka, mereka mungkin bertanya-tanya apakah mungkin mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain itu, beberapa pengguna mungkin melihat format 24 jam tetapi lebih memilih format 12 jam.

Cara Mengubah Format Waktu  12 Jam Menjadi 24 Jam di Windows 10

Pertanyaan besarnya saat ini adalah bagaimana kita beralih di antara kedua format tersebut. Ada dua cara untuk melakukan ini yaitu menggunakan Settings atau Control Panel. Opsi manapun yang anda pilih, hasilnya akan selalu sama. Mari kita bahas ini dari sudut pandang yang lebih rinci.

1. Ubah Format Waktu dari Aplikasi Settings

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan disini adalah segera membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I atau mengklik Start dan pilih Settings.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih Time & Language di jendela Settings dan kemudian pilih Date & Time di panel kiri.
  • Dari sana, silakan klik Date, time, and regional formatting di panel kanan.

  • Halaman baru akan segera muncul dan lanjutkan dengan mengklik Change data formats.

  • Gulir ke bawah hingga anda menemukan Short time dan Long time.
  • Pada masing-masing opsi, jika anda ingin mengubah berbagai hal menjadi format 24 jam, maka pastikan opsi yang anda pilih tidak menyertakan AM atau PM. Begitu pula sebaliknya, jika anda mengubah format dari 12 jam ke 24 jam, maka pastikan format tersebut menyertakan AM atau PM.

2. Ubah Format Waktu dari Control Panel

Bagi kebanyakan pengguna Windows jadul, mereka masih lebih suka menggunakan Control Panel untuk segala hal jika memungkinkan. Dan itu termasuk mengubah waktu dan tanggal, jadi mari kita bahas tentang cara membuat penyesuaian yang relevan dari sana.

  • Pertama, buka Control Panel dengan mencarinya di Start menu atau lewat Search Windows. Atau anda dapat menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, arahkan langsung ke Clock and Region.
  • Setelah itu, pilih Change date, time, or numbers formats dibawah bagian Region.

  • Kemudian klik Additional settings di bagian bawah jendela.

  • Selanjutnya alihkan ke tab Time dan buat perubahan yang relevan pada opsi Short time dan Long time di bawah bagian Time Formats. Jika anda mengubah format dari 12 jam ke 24 jam, maka anda harus memilih format tanpa diikuti tt di belakangnya, sebaliknya jika anda mengubah format dari 24 jam ke 12 jam, maka anda harus memilih format dengan diikuti tt dibelakangnya.

  • Selesaikan proses dengan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Hanya itu yang dapat anda lakukan dan tentunya metode ini harus berfungsi untuk Windows anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menampilkan Detik pada Jam di Taskbar Windows 10 atau cara mengatur lagu Spotify sebagai Alarm di Android.

Sekian tutorial kali ini dan semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *