Cara Backup dan Restore Template Blog


Cara backup dan restore template blogspot itu sangat penting untuk Anda ketahui sebelum melakukan pengeditan terutama bagi Anda yang masih terbilang pemula dalam membuat dan mengelolah blog. Apa saja yang biasanya diedit? umumnya selain template blogspot yaitu widget – widget yang sudah kita atur sedemikian rupa.

Backup dan restore template blogspot berguna untuk mengamankan, menyimpan, menduplikasi file template yang saat ini menjadi template aktif pada blog Anda. Jadi kalau ada kerusakan ketika Anda melakukan eksperimen misalnya mengedit tag – tag HTML dan pemasangan widget tapi ternyata gagal alias rusak, maka Anda masih punya file template cadangan (hasil backup) yang masih normal dan berjalan dengan baik.

Apa harus melakukan backup dan restore?

Nah ini pertanyaan bagi mereka yang perhitungan sekali ya sampai tanya seperti itu hehe. Oke saya jawab TIDAK HARUS

TAPI

Saat Anda melakukan eksperimen atau editing pada template dan widget blog dan ternyata RUSAK tapi tidak punya file template hasil backup, maka Anda harus :

  1. Mengunjungi website penyedia template blog gratis
  2. Mencari lagi yang sesuai dan download template
  3. Pasang template di blogspot
Yang jelas prosesnya lama.

Sesuai judul dari artikel ini, kita ngga cuma membackup tapi juga merestore template hasil backup yang telah dilakukan. Restore ada upaya untuk mengembalikan. Nah apa yang dikembalikan? Dalam bahasan kita di artikel ini jelas yang dikembalikan adalah file template yang masih berjalan normal (hasil backup).

Nah supaya Anda dapat memahami dengan betul, ayo simak cara – cara backup dan restore template berikut ini.

Cara Backup Template Blogspot

Prosesnya mudah kok.

  1. klik menu THEME atau TEMPLATE
  2. klik tombol BACKUP/RESTORE (cadangkan / pulihkan)
    Tombol Backup dan Restore di Blogspot
  3. kemudian klik DOWNLOAD THHEME / DOWNLOAD TEMPLATE LENGKAP. Download disini bukan seperti Anda download template baru lho ya. Tapi Anda sedang mendownload template aktif blog saat ini.
    Download Backup Template Blogspot
  4. Biasanya muncul popup lagi, nah pastikan Anda centang “save file” dan klik OK, tapi kalau tidak muncul popup berarti template sudah terdownload secara otomastis
  5. Setelah proses download selesai, cari dimana Anda meletakkan filenya. Secara default biasanya terletak di folder “Download” lalu pastikan file template tersebut berextensi .xml
    Hasil Backup Template di Blogspot

Kalau proses yang Anda lakukan sudah sesuai dengan apa yang saya jelaskan, maka Anda telah berhasil melakukan backup template blogspot. Anda juga bisa melakukan editing template dan widget sesuka hati tanpa khawatir adanya kerusakan karena Anda sudah memiliki file template cadangan yang masih berjalan normal.

Lanjut proses berikutnya.

Cara Restore Template Blogspot

Prosesnya restore template juga mudah seperti cara backup template blogspot.
  1. klik menu THEME atau TEMPLATE
  2. klik tombol BACKUP/RESTORE (cadangkan / pulihkan)
    Tombol Backup dan Restore di Blogspot
  3. Klik BROWSE dan cari file template berextensi .xml yang tadi sudah Anda simpan
    Cara Restore Template Blogspot
  4. Klik UNGGAH / UPLOAD dan tunggu prosesnya sampai selesai
Nah saya rasa sekarang Anda sudah paham betul bagaimana proses backup dan restore template di blogspot. Selamat bereksperimen ya kawan – kawan.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *