Microsoft telah memperkenalkan salah satu fitur paling terpolarisasi di Windows 10 yaitu Scroll Inactive. Sebelum pengenalan fitur ini, anda harus memilih jendela untuk mengaktifkannya dan kemudian anda baru dapat menggulir konten yang ada di dalamnya. Namun dengan adanya fitur ini, anda dapat menggulir konten, bahkan tanpa mengaktifkan jendelanya. Anda hanya perlu mengarahkan mouse ke atas jendela tersebut dan menggulir kontennya. Fitur ini berkerja ketika anda membagi layar anda menjadi beberapa bagian.

Fitur ini mungkin terdengar keren tetapi tidak untuk semua orang. Ada banyak pengguna Windows yang mengalami masalah pengguliran yang tidak disengaja. Oleh karena itu, mereka ingin menonaktifkan fitur ini karena diaktifkan di Windows 10 secara default.

Nonaktifkan Scroll Inactive di Windows 10

Ada dua metode untuk menonaktifkan Scroll Inactive di Windows 10 dan keduanya bekerja dengan sempurna. Jadi anda hanya perlu mengikuti metode yang anda anggap paling aman dan mudah.

1. Nonaktifkan Scroll Inactive dari Settings Windows

Untuk menonaktifkan Scroll Inactive dari Settings Windows, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan Win + I atau mengklik Start dan memilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Devices.
  • Di halaman selanjutnya klik Mouse di panel kiri.
  • Di panel kanan, nonaktifkan opsi Scroll inactive window when I hover over them.

Mulai saat ini Scroll Inactive akan dinonaktifkan. Ketika anda berganti jendela atau bahkan beralih ke folder lainnya di File Explorer, anda tidak akan dapat menggulir koten sebelum anda mengklik salah satu konten yang ada di jendela atau folder tersebut.

2. Nonaktifkan Scroll Inactive dari Registry Editor

Anda juga dapat menggunakan Registry untuk menonaktifkan Scroll Inactive di Windows 10. Namun sebelum menggunakan metode ini, ada baiknya anda membackup registry atau membuat system restore point untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam proses pengeditan. Setelah melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Untuk melakukannya, luncurkan Registry Editor dengan mencarinya dari Start Menu atau tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

  • Sekarang, temukan dan klik dobel pada MouseWheelRouting di panel kanan.
  • Di jendela Edit DWORD, ubah value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Dengan cara ini, Scroll Inactive akan dinonaktifkan.
Fitur Scroll Inactive sangat membantu jika anda ingin melakukan pekerjaan dengan cepat tanpa harus mengaktifkan jendela. Namun terkadang fitur ini juga dapat mengalami masalah. Atau jika anda tidak nyaman dengan fitur ini, maka anda dapat menonaktifkannya. Kedua metode di atas mudah untuk diterapkan, jadi gunakan cara yang anda rasa mudah.
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *