NVIDIA adalah salah satu chipset grafis paling populer di pasaran. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari chipset, anda harus memastikan untuk selalu mengupdate driver graphic NVIDIA. Update terbaru seringkali menghadirkan perbaikan bug serta fitur-fitur baru untuk mengoptimalkan kinerja graphic card. Selain itu, menjaga driver graphic NVIDIA juga memastikan bahwa itu kompatibel dengan periferal terbaru anda. Disini saya akan menunjukkan kepada anda beberapa metode untuk mengupdate driver graphic NVIDIA anda.

Namun sebelum kita mulai, sangat penting untuk mengetahui nomor model graphic card NVIDIA yang terpasang di desktop atau laptop anda. Untuk mengetahui tentang nomor model, anda perlu membuka kotak dialog Run (tekan Win + R), ketik dxdiag dan tekan Enter.

Jendela DirectX Diagnostic Tool akan terbuka. Anda harus beralih ke tab Display 2. Disini anda akan menemukan semua informasi yang terkait dengan driver graphic yang diinstal pada PC anda. Perhatikan bahwa tab Display 1 mungkin menunjukkan kepada anda detail driver graphic Intel berdaya rendah atau terintegrasi.

Sekarang setelah anda mengetahui detail tentang driver graphic NVIDIA yang diinstal pada PC anda, sekarang saatnya melihat metode yang dapat anda lakukan untuk menjaganya tetap terupdate.

1. Update Driver NVIDIA Secara Manual

Proses dengan metode ini cukup panjang. Jika anda ingin mengupdate driver graphic NVIDIA secara manual, anda perlu mengunjungi website resmi mereka dan mendownload driver terbaru.

  • Buka halaman Download Driver NVIDIA GeForce. Membuka website, anda akan menemukan dua opsi yaitu Automatic Driver Updates dan Manual Driver Search. Anda perlu mengalihkan fokus anda ke opsi kedua untuk metode ini.

  • Lakukan pencarian driver secara manual dengan memasukkan semua detail yang ditanya tentang driver NVIDIA yang diinstal pada PC anda. Jika anda tidak menemukan driver untuk graphic card NVIDIA anda, maka anda dapat menuju kesini, yang menampilkan driver untuk setiap graphic card.
  • Hasilnya akan menunjukkan kepada anda driver terbaru dan terbaik yang tersedia untuk chipset grafis NVIDIA yang diinstal pada PC anda. Tekan tombol Download dan instal di PC anda untuk performa atau kinerja grafis NVIDIA yang optimal. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang update di bawah bagian Release Highlight.

2. Update Driver NVIDIA Menggunakan GeForce Experience

Untuk mempermudah, NVIDIA memiliki software GeForce Experience yang dimaksudkan untuk melengkapi driver NVIDIA anda. Ini adalah tools all-in-one yang memungkinkan anda merekam video, mengambil screenshot, melakukan live streaming dan mengupdate driver NVIDIA.

Download GeForce Experience dengan mengunjungi websitenya. Setelah diinstall, luncurkan aplikasinya.

Anda akan diminta untuk masuk atau mendaftar untuk melanjutkan. Ada beberapa opsi, seperti masuk menggunakan Google, Facebook, WeChat atau QQ. Setelah masuk, buka tab Driver di dalam tools dan tekan tombol CHECK FOR UPDATES. Ini akan menginstall driver graphic NVIDIA terbaru di PC anda.

3. Update Menggunakan Windows Update

Seringkali, NVIDIA membundel updatenya dengan update Windows, jadi selalu lebih baik untuk selalu mengupdate PC Windows anda setiap kali notifikasi update baru muncul.

Anda dapat memeriksa update Windows dengan membuka Settings – Update & Security – Windows Update.

4. Update Menggunakan DDU (Display Driver Uninstaller)

Terima kasih kepada Wagnard dan timnya untuk mengembangkan software DDU. Aplikasi ini pada dasarnya membantu anda sepenuhnya menghapus driver graphic AMD (ATI), NVIDIA dan Intel, dan juga driver audio Realtek dari system anda. Software ini tidak meninggalkan file sisa.

File yang tersisa seperti key registry, folder, file dan penyimpanan driver, dapat menyebabkan masalah kompatibilitas, mengurangi performa GPU dan banyak lagi.

Namun, sebelum menggunakan DDU, pastikan anda telah mendownload driver untuk graphic card NVIDIA anda sesuai dengan konfigurasi GPU dan OS anda. Setelah selesai, download DDU di PC anda.

Jika anda menggunakan Windows 10, putuskan sambungan PC anda dari internet. Ini dilakukan untuk mencegah Windows mendownload driver GPU secara otomatis.

Ekstrak dan instal DDU. Buka tools tersebut dan alih-alih hanya mengklik tombol hapus, lihat opsi tentang cara DDU menghapus driver.

Setelah melalui opsi dan menyesuaikannya sesuai keinginan anda, anda perlu menutup jendela dan pergi ke jendela home DDU. Dari menu drop-down, pilih driver yang ingin anda hapus.

Di sisi kiri antarmuka DDU, anda akan melihat beberapa opsi:

  • Clean and restart: Ini akan menghapus semua driver GPU dan mereboot PC anda.
  • Clean and do NOT restart: Opsi ini berguna ketika anda ingin menghapus beberapa driver GPU dari PC anda.
  • Clean and shutdown: Ini akan menghapus driver GPU dan mematikan PC anda.

Pilih salah satu opsi yang anda inginkan dan selanjutnya biarkan software yang bekerja. Perhatikan bahwa layar anda mungkin menjadi hitam untuk beberapa waktu saat DDU menghapus driver, jadi itu normal. Untuk info lebih rinci, anda dapat menuju kesini.

Sekarang, setelah semua yang terkait dengan driver graphic anda dihapus, cukup install driver yang anda download secara manual dan anda siap melakukannya.

Ini adalah metode terbaik yang dapat anda ikuti untuk mengupdate driver graphic NVIDIA anda. Sekarang anda telah mengupdate driver graphic Nvidia anda, periksa Nvidia Control Panel anda untuk mengetahui semua pengaturannya. Atau anda dapat mempelajari fungsi VSync dari graphic card anda dan apakah anda harus mengaktifkannya atau tidak.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *