Contoh Soal dan Penugasan Tema Masalah Pokok Dalam Ekonomi Islam

Pemahaman Materi Masalah Pokok Dalam Ekonomi Islam

1. Islam mengakui bahwa kelangkaan sumber daya itu memang terjadi. Namun demikian, tugas ekonomi bukan sebatas mengalokasikan sumber daya yang langka tersebut, namun juga mengupayakan penyelesaian atas penyebab dasarnya, yaitu ketidakmerataan distribusi sumber daya, perangai buruk manusia, dan adanya
trade-off antartujuan hidup.

Distribusi sumber daya adalah masalah awal yang harus diperhatikan dalam perekonomian, karena hal itu menjadi penyebab terjadinya kelangkaan. Dalam tahap selanjutnya, peran ekonomi Islam adalah menentukan pilihan produksi, proses produksi dan distribusi output untuk mewujudkan kesejahteraan umat atau al-falah.

2. Sistem ekonomi Islam mengarahkan pelaku pasar untuk memiliki moral Islam, mentransformasi dari masyarakat peduli material (kepuasan dan keuntungan) menuju masyarakat yang peduli maslahat. Kepemilikan pribadi dilindungi dan dimotivasi dengan tetap memperhatikan kepemilikan sosial dan negara.

3. Dalam sistem ekonomi Islam, peran kelembagaan sangatlah penting. Institusi itu dapat bersifat formal, seperti pasar, pemerintah, peraturan atau institusi legal lainnya, ataupun institusi informal seperti adat, budaya, keyakinan dan agama.

Perbedaan keadaan institusi akan berpengaruh besar dalam tingkat usaha dan kebijakan yang diperlukan untuk menuju sistem ekonomi Islam yang ideal.

Contoh Soal Masalah Pokok Dalam Ekonomi Islam

1. Bagaimana peran ekonomi Islam dalam mengatasi masalah kelangkaan sumber.
2. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) pertanyaan pokok dalam ekonomi Islam.
3. Sebutkan 4 (empat) unsur pokok yang menjadi pembeda antara suatu sistem ekonomi Islam dan sistem ekonomi lainnya.
4. Bandingkan antara sistem ekonomi Islam dan ekonomi pasar. Apakah persamaan dan perbedaan di antara keduanya.

Contoh Penugasan Masalah Pokok Dalam Ekonomi Islam

1. Amati 4 (empat) jenis angkutan umum di tempat tinggal Anda, yaitu angkutan umum atau bis kota, taksi, ojek motor, dan becak. Perkirakan dan urutkan jenis angkutan mana yang jumlahnya paling banyak hingga paling sedikit. Manakah yang paling langka? Menurut ilmu ekonomi Islam, jenis angkutan manakah yang paling
langka.

Diskusikan jawaban tersebut dengan kawan-kawan yang berasal dari kota atau daerah yang berbeda.

2. Lakukan pengamatan di tempat tinggal kalian tentang fasilitas-fasilitas umum yang tersedia dan siapakah yang menyediakan fasilitas tersebut.

Sebutkan apakah individu, umum dan negara tertentu atau gabungan dari ketiganya.

contoh soal masalah pokok ekonomi islam

Demikianlah contoh soal dan penugasan tentang tema pelajaran Masalah Pokok Dalam Ekonomi Islam yang kami sarikan dari Buku Digital Buku Pengayaan Pembelajaran Ekonomi Syariah keluaran edukasi Bank Indonesia.

Share di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *