Tokoh Ibnu Khaldun Sebagai Bapak Ekonomi Islam

Dalam sejarah Islam mencatat bahwa banyak tokoh Islam yang menjadi ilmuwan dunia termasuk di bidang sosial.
Ibnu Khaldun misalnya, dikenal sebagai sejarawan tersohor di dunia pada abad ke-14. Karya monumental Ibnu Khaldun adalah Al-Muqaddimah, juga dikenal sebagai Prolegomena.

Ibnu Khaldun menjadi sumber dari berbagai ilmu sosial seperti sejarah, psikologi, geografi, ekonomi, dan sebagainya. Nama lengkap dari Ibnu Khaldun adalah Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin alHasan yang kemudian terkenal dengan sebutan Ibnu Khaldun.

Lahir di Tunisia pada 1 Ramadan 732 Hijriah/27 Mei 1332 M. Ibnu Khaldun dikenal sebagai sejarawan dan Bapak Sosiologi Islam yang hafal Alquran sejak usia dini.

Sebagai ahli politik Islam, ia pun dikenal sebagai Bapak Ekonomi Islam, karena pemikiranpemikirannya tentang teori ekonomi yang logis dan realistis telah dikemukakan sebelum Adam Smith (1723-1790) dan David Ricardo (1772-1823) yang mengemukakan tentang teori-teori ekonominya. Ketika memasuki usia remaja, tulisan-tulisannya sudah menyebar ke berbagai negara.

Berikut adalah penjelasan tentang istilah Tokoh Ibnu Khaldun Sebagai Bapak Ekonomi Islam yang kami sarikan dari Buku Digital Buku Pengayaan Pembelajaran Ekonomi Syariah keluaran edukasi Bank Indonesia.

Share di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *