9 Program Studi Andalan Stikom Surabaya

9 Program Studi Andalan Stikom Surabaya
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik di kota Surabaya. Perguruan tinggi yang terletak di Raya Kedungbaruk 98 ini menyediakan program diploma dan sarjana dengan jumlah program studi cukup banyak yaitu 9 program studi yang menjadi andalan di Stikom. Hal ini membuat para calon mahasiswa mahasiswi punya banyak pilihan untuk menentukan program studi mana yang akan mereka pilih untuk meneruskan pendidikannya setelah lulus SMA atau SMK.
Di sisi lain, banyaknya pilihan program studi membuat calon mahasiswa kebingungan untuk memilih program studi mana yang sesuai dengan minat dan bakat serta cita – cita yang ingin mereka perjuangkan. Uluh – uluh…….

Untuk membantu mempermudah dalam pemilihan program studi, umumnya para calon mahasiswa akan melihat mana yang paling favorit, mana yang paling populer dan mana yang memiliki prospek kerja yang bagus untuk beberapa tahun kedepan. Kemudian mereka juga akan melihat fasilitas kampus apa saja yang didapat untuk mendukung kegiatan belajar.

Tenang saja di Stikom Surabaya memilik fasilitas – fasilitas yang bagus kok.

Untuk membantu para calon mahasiswa supaya memiliki wawasan lebih  dalam memilih program studi, maka saya akan berbagi informasi mengenai 9 program studi di Stikom Surabaya.

S1 Sistem Komputer

Pada program studi sistem komputer ini mirip seperti sistem informasi dan manajemen informatika. Tapi, disini fokus Anda adalah belajar mendesain suatu sistem yang berinteraksi antara hardware dan software. Contoh, di Stikom Surabaya ada alat untuk bermain bulutangkis, alat ini berupa robot yang bisa dijalankan dengan remote control yang dioperasikan oleh manusia. Ada juga robot yang berfungsi untuk memadamkan api. Mengapa bisa begini? Karena sistem robot di desain untuk mendeteksi api melalui sensor – sensor yang disematkan pada badan robot. Sehingga ketika ada api yang terdeteksi, maka air di dalam tangki akan disemprotkan oleh robot.

S1 Sistem Informasi

Jika sistem komputer berhubungan dengan robot, maka sistem informasi lebih banyak berhubungan dengan proses bisnis di perusahaan dan memaksimalkannya dengan menggunakan solusi teknologi informasi supaya bisnis berjalan dengan efektif dan efisien.
Di program studi ini Anda diajarkan untuk menganalisa kebutuhan bisnis apa saja yang diperlukan supaya bisnis itu dapat berlangsung sesuai dengan apa yang direncanakan. Jangan kuatir, disini Anda juga diberi materi tentang algoritma dan bahasa pemrograman. Ada praktek juga untuk membuat suatu program yang mendukung proses bisnis.
Contoh yang sederhana saja, klien saya dari  rentalmultimedia ingin dibuatkan website dimana visitor bisa mengirim email. Mengapa begitu? Jadi, pemilik website ingin supaya customer bisa langsung mengirim pertanyaan atau meminta proposal penawaran. Terus juga ada halaman galeri untuk mengupload foto – foto hasil event di setiap bulan jadi customer bisa melihat portofolio.

S1 Desain Komunikasi Visual

Jika Anda adalah orang yang hobi dengan desain, kemudian berkomunikasi melalui desain tersebut dengan cara memvisualkannya, maka program studi ini cocok untuk Anda. Kenapa? disini Anda tidak hanya membuat suatu karya estetika yang bagus, tapi juga belajar untuk mengkomunikasikannya secara visual kepada viewer, kepada mereka yang melihat hasil karya Anda.
Di program studi ini lebih mengarah untuk advertising seperti pembuatan iklan, banner, spanduk, baliho, cover buku dan flyer untuk pemasaran.

S1 Desain Grafis

Program studi yang ini memang sekilas mirip dengan DKV seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tetapi disini Anda akan fokus mempelajari desain dan grafis yang berkaitan dengan dunia percetakan kemasan produk, merancang titik dan garis menjadi gambar yang bernilai seni tinggi dalam bentuk desain 3D. Ya seperti kemasan produk tadi.

DIV Komputer Multimedia

Di program studi komputer multimedia ini kalau Anda bandingkan dengan desain grafis dan desain komunikasi visual memang mirip. Tapi disini juga mempelajari tentang multimedia, jadi desain yang Anda nikmati tidak statis (tetap) tapi bisa bergerak dan menghasilkan suara contohnya animasi termasuk merancang storyboard-nya dan editing.

Di program studi ini lebih menjurus kepada program pertelevisian, jadi nanti jangan kaget kalau Anda juga diajarkan bagaimana menjadi seorang juru kamera dan photographer untuk menyajikan siaran yang bagus di televisi.

D3 Manajemen Informatika

Manajemen Informatika disini mirip dengan sistem informasi, yang berbeda adalah jenjang studi yang dimiliki manajemen informatika adalah DIII dengan lama studi yaitu 3 tahun, kalau Anda masuk ke program studi ini materi yang didapat lebih banyak praktek daripada teori karena memang fokus dari diploma adalah praktek, kira – kira antara teori dan praktek yaitu 40% dan 60%.

Disini Anda akan mempelajari bahasa pemrograman juga kok seperti HTML, CSS, Bootstrap dan Android juga. Jadi cuma jenjang studinya saja yang berbeda dengan sistem informasi.

S1 Manajemen

Secara umum manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang seni bagaimana menyelesaikan sesuatu melalui kerjasama dengan berbagai pihak untuk tujuan yang sudah ditetapkan. Manajemen berkaitan erat dengan banyak sekali hal – hal terkait pengelolahan – pengelolahan suatu sumberdaya untuk mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi tertinggi.

Ada 4 konsentrasi di program studi S1 Manajemen, yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia dan manajemen operasional dan hal – hal tersebut akan anda pelajari ketika menjadi mahasiswa manajemen

Jika Anda tertarik untuk membuat suatu bisnis atau bekerja di perusahaan dengan jumlah pekerja yang banyak maka program studi manajemen merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

S1 Akuntansi

Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolahan, pencatatan dan klasifikasi serta penyajian data transaksi dalam organisasi yang berkaitan dengan masalah keuangan. Sehingga ketika seorang bos membutuhkan laporan keuangan, Andalah yang bertugas untuk memberikan laporan itu agar bos mendapat bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam organisasi yang dipimpin oleh beliau.
Jurusan ini cocok bagi Anda yang minat berkecimpung di bidang keuangan dan menekuni dunia bisnis lebih dalam. Di akuntansi ini Anda juga mempelajari banyak hal terkait perpajakan, hukum dan ilmu ekonomi secara luas karena akuntansi tidak serta merta hanya bermodal hitung – hitungan matematika saja.

    DIII Komputerisasi Perkantoran dan Kesekretariatan

    Di program studi ini, seorang mahasiswa akan di didik dengan beberapa keahlian seperti kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, membuat notulen, laporan dan membuat jadwal pimpinan. Tidak hanya itu saja, yang paling penting adalah memastikan kegiatan pimpinan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan mengatasi perubahan jadwal jika ada keperluan tertentu yang sifatnya urgent.

    Di Stikom Surabaya, Anda akan dibekali kemampuan – kemampuan yang sudah saya jelaskan di atas. Ditambah dengan kemampuan komputerisasi seperti penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

    Selain saya berbagi informasi tentang 9 program studi di Stikom. Saya juga ingin berbagi cerita tentang layanan dan kisah menarik yang pernah saya alami di Stikom. Silakan simak.

    1. 5 Alasan Menarik Berkuliah di Stikom Surabaya
    2. 7 Lokasi Nyaman Mengerjakan Tugas di Stikom Surabaya
    3. Perkuliahan Dosen Fantastis
    4. Permintaan Hati Dosen Fantastis Stikom 
    Sekian artikel tentang 9 Program Studi Andalan Stikom Surabaya, mari bergabung dengan kami di Institut Berkualitas Unggul dan Terkenal. Terimakasih
    Share to
    Categories: Blogging

    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *