Cek Keaslian Artikel Dengan Tools Plagiarism Checker

Menulis adalah suatu hal yang sebetulnya tidak mudah bagi mayoritas orang – orang. Kok bisa ya ? Iya, hal ini disebabkan karena ketika menulis, kita harus memastikan bahwa maksud dari apa yang kita tulis itu dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. Kita juga harus tahu artikel kita ini dibuat untuk siapa? anak SD, anak SMP dan SMA atau Mahasiswa? Ini berguna untuk mengatur gaya bahasa dalam menulis artikel dan membuat mereka betah berlama – lama membaca.

Sudah tahu kan kenapa menulis itu terlihat mudah tapi sebetulnya nggak mudah?

Dan gara-gara menulis itu nggak mudah, berapa banyak orang yang kerjaannya cuma copas alias copy paste milik orang lain?

Hayoo berapa banyak dari Anda yang asal comot tulisan orang lalu paste di artikel sendiri tanpa menyertakan link sumbernya? Jangan diteruskan ya, kasian orangnya. Saya saja untuk membuat 1 artikel rata – rata butuh waktu 1,5 – 5 jam tergantung dari apa yang dibahas. Kok lama mas Fadhil ? Karena saya harus memastikan artikel yang saya buat ini komunikatif dan mudah dipahami. Jadi harus sering baca dan edit, baca dan edit seperti itu sampai sukses haha…

Oke stop copy paste alias plagiat !

Plagiat hanya untuk mereka yang tidak sanggup mengeksplor kreatifitasnya. Mereka yang seperti ini cenderung malas dan tidak mau berusaha sendiri. So, jangan jadi golongan orang seperti ini.

Anda bisa saja membaca artikel orang lain tapi usahakan ketika Anda menulis, gunakan bahasa dan gaya menulis Anda sendiri, BUKAN copy paste. Nah untuk memastikan Anda tidak melakukan tindakan copy paste atau sering disebut plagiat ada tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk cek tingkat plagiat artikel Anda. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa asli tulisan – tulisan yang Anda buat dalam artikel.

Cek Tingkat Plagiat Artikel


Persiapkan artikel- artikel yang akan Anda cek. Buka http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ setelah itu copy tulisan Anda dan paste di box pada plagiarism checker. Lalu centang kode captcha untuk memastikan Anda bukan robot dan klik Check Plagiarism.

Cara Cek Tingkat Plagiat Artikel
Setelah proses pengecekan selesai, maka akan ada hasil yang memberitahukan seberapa asli karya tulis Anda ini. Kata unique berarti tulisan Anda tidak sama dengan milik orang lain dan kata plagiarism itu berarti ada tulisan Anda yang sama dengan milik orang lain.
Hasil Cek Tingkat Plagiat Artikel

Berapa Hasil Minimal Yang Harus Di Dapat ? 

Usahakan hasil minimal pengecekan tingkat plagiat yang harus Anda dapat adalah diatas 85%, itu berguna selain menjaga kualitas artikel. Anda juga harus terus belajar dalam membuat tulisan yang murni hasil kreatifitas Anda sendiri supaya tetap konsisten dengan nilai 100% unique di setiap pengecekan tingkat plagiat.
Di awal – awal memang terasa sulit bagi Anda, tapi yakinlah Anda pasti bisa kok. Saya sudah mengalami hal – hal sulit macam itu apalagi kalau sudah badmood waduh rasanya malah makin sulit. Tapi karena niat betul – betul yakin bisa, sekarang pelan tapi pasti sudah bisa membuat banyak artikel dengan murni hasil kreatifitas saya sendiri. Keren kan? hehe..

Perlu Diketahui Saat Cek Tingkat Plagiat Artikel


Pertama
Tools ini memiliki batasan berapa kata yang dapat di proses dalam satu kali pengecekan. Kalau Anda memaksa lebih dari jumlah batas kata maksimal yang diperbolehkan maka proses akan error dan Anda tidak akan mendapat hasilnya. Sia – sia
Kedua
Jangan langsung meng-copy paste semua tulisan Anda pada box plagiarism checker, saran saya lakukan pengecekan per dua paragraf saja supaya prosesnya tidak terlalu lama. Saat saya cek artikel cara membuat email dengan gmail, saya malah cuma copy paste per satu paragraf karena memang tidak terlalu banyak tulisan yang ada disitu sehingga proses pengecekan cepat selesai. Oh iya, kadang – kadang meskipun sudah mencoba copy per satu paragraf, proses pengecekannya masih lama. Nah ini biasanya terganggu koneksi internet yang lelet lemot lebay kamseupay. Jadi mohon bersabar atau pindah ke koneksi internet yang lebih cepat ya.

Alternatif Tools Cek Plagiat Yang Lain


Ada tools lain yang bisa Anda gunakan kalau menggunakan smallseotools nggak cukup membuat Anda puas dengan performa pengecekannya. Berikut toolsnya :
  • www.plagiarismchecker.com/
  • www.dustball.com/cs/plagiarism.checker/
  • www.articlechecker.com/
  • www.plagium.com/
  • www.plagiarismcheck.org/
  • www.copyscape.com
Ketik URL tersebut di browser Anda, mayoritas cara penggunaanya sama kok seperti yang saya jelaskan di tutorial ini. Silakan dicoba.
Sekian tutorial cara cek tingkat plagiat suatu artikel ini saya buat. Budayakan menulis penuh kreativitas dan kurangi melakukan copy paste tulisan milik orang lain. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan Anda berkomentar ya. Semoga bermanfaat.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *