Linux User Group Stikom Surabaya

Linux User Group Stikom Surabaya
Di Universitas atau Institut umumnya sudah pasti kita akan temui UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Unit Kegiatan Mahasiswa adalah kegiatan organisasi tingkat universitas yang berguna untuk menampung minat serta bakat para mahasiswa. Kalau Anda bandingkan dengan kegiatan di sekolah SMP dan SMA sederajad, maka Unit Kegiatan Mahasiswa disini mirip seperti ekstrakulikuler, cuma tingkatannya saja yang berbeda.

Ada banyak Unit Kegiatan Mahasiswa di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, tapi untuk saat ini saya akan fokus membahas tentang LUG. LUG adalah singkatan dari Linux User Group yang berlokasi di lantai 8 gedung biru Stikom Surabaya tepatnya di ruang OSCC. Sesuai dengan namanya, Linux User Group adalah tempat berkumpulnya para pengguna Linux dengan berbagai varian distro, ada yang menggunakan Linux Ubuntu, Kali Linux, Linux Debian, Linux Centos dsb. Semua berkumpul disini.

Lalu bagaimana dengan yang tidak menggunakan Linux ?

UKM ini menerapkan aturan yang flexibel, tidak mengharuskan anggotanya untuk menggunakan Linux. Saya sendiri adalah salah satu pengurus di bagian Riset & Development yang tidak menggunakan Linux, tapi menggunakan… ah pasti sudah pada tahu kan ? heheh…..

Meskipun tidak menggunakan sistem operasi Linux, mereka – mereka yang menggunakan Linux juga masih tetap welcome kok. Mudah – mudahan nggak terpaksa hehe….

Siapa Yang Boleh Bergabung Dengan LUG ?

Semua mahasiswa yang berkuliah di Stikom Surabaya boleh bergabung di UKm ini. Ada 3 jenis pengelompokan, yaitu :

  1. Pengurus
  2. Anggota Aktif
  3. Anggota Pasif

Pengurus

Sudah jelas tugas dari pengurus adalah mengelolah keorganisasian, seperti mengadakan pertemuan rutin yang membahas berbagai hal seputar dunia programming dan menyelenggarakan Ubuntu Release Party tahunan. Pengurus juga bertugas mengelolah keuangan, membuat proposal untuk kegiatan – kegiatan dan menginformasikan kepada para warga kampus tentang aktivitas LUG sehari – hari.

Jabatan dari pengurus berlaku selama 1 periode. Ketika masa jabatan ini habis, maka akan dilakukan yang namanya recruitment. Mahasiswa yang bersedia untuk menjadi pengurus harus mendaftar terlebih dahulu, mengisi form – form yang telah ditentukan dan melalui interview sebagai tes tahap akhir.

Jika lolos, maka akan diadakan rapat internal yang membahas siapa saja yang menjabat sebagai pengurus di posisi keorganisasian yang berlaku. Ketika proses itu telah selesai, maka akan ada pengesahan yang dihadiri oleh seluruh pengurus lama dan pengurus baru. Kami biasa menyebutnya SERTIJAB (Serah Terima Jabatan).


Anggota Aktif

Anggota aktif adalah para mahasiswa Stikom Surabaya yang rutin datang ke ruang OSCC untuk berkumpul mengikuti kegiatan atau hanya sekedar mampir saja. Mereka tidak seperti pengurus yang harus mengelolah keorganisasian.

Lalu bagaimana dengan mereka yang sama sekali tidak pernah ke ruang OSCC?

Jadi gini, tidak semua mahasiswa Stikom kami sebut sebagai anggota aktif, anggota aktif hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan – kegiatan LUG, meskipun tidak rutin secara terus menerus mengikuti.

Untuk Anda yang ingin bergabung dengan kami tidak perlu sungkan untuk datang, tinggal datang aja bro..sis…syukur – syukur Anda punya teman yang pernah datang ke ruang OSCC dan pernah mengikuti beberapa kegiatan…wah malah makin enak.

Kalau masalah anggota aktif atau pasif itu tidak perlu dipermasalahkan kok, toh juga itu cuma sebutan saja. Yang paling penting, kita bisa berkumpul, berbagi informasi dan berlomba memperdalam ilmu. 

Anggota Pasif

Anggota pasif adalah mantan pengurus yang hingga saat ini masih berkomunikasi dengan kami para pengurus yang masih aktif. Anggota pasif sudah tidak berurusan lagi dengan pengelolahan organisasi tetapi menjadi penasehat jika kami membutuhkan kritik dan saran. Tahun lalu, saya dan tim dari LUG yang lolos final lomba ITCC yang diadakan oleh Universitas Udayana Bali sempat menemui beberapa mantan pengurus yang saat ini sedang bekerja di Bali. Wah mereka udah pada jago bahkan ada juga yang jadi project manager, yup dia jebolan Linux User Group Stikom lhoo !

Kegiatan


Pertemuan Rutin

Setiap hari ada banyak mahasiswa yang datang. Lalu apa yang dilakukan? Selain membahas banyak hal tentang Linux dan tugas kampus, UKM ini juga punya kegiatan bernama pertemuan rutin. Apa yang dibahas ketika pertemuan rutin adalah materi – materi yang berkaitan dengan program kerja.

Saat ini sedang berlangsung workshop Web Development From Zero to Hero. Workshop ini gratis kok untuk Anda warga Stikom, datang saja setiap hari Jum’at jam 4 sore dengan membawa laptop. Workshop ini membahas dasar – dasar materi tentang web base programming, mulai dari HTML, CSS, JavaScript dan Bootstrap. Tapi yang tidak kalah menarik, disini juga diajarkan bagaiaman cara menggunakan Github sebagai pengontrol saat mengerjakan suatu project.

Workshop by LUG Stikom Surabaya
Selain workshop Web Development yang saat ini sedang berlangsung, beberapa waktu lalu juga telah diadakan workshop tentang Java OOP yang di pandu oleh M. Hasan. Workshop ini dilaksanakan di ruang OSCC lantai 8 dan terakhir dilaksanakan di Pacet sebagai penutupan.
Workshop Java OOP by LUG Stikom Surabaya
Ubuntu Release Party

Ini adalah kegiatan Linux User Group Stikom rutin tahunan yang diselenggarakan di gedung serbaguna dengan mengundang seluruh warga kampus untuk menjadi audiencenya. Kegiatan ini membahas versi terbaru Ubuntu mulai dari fitur terbaru dan cara instalasinya. 
Jika datang ke acara ini, Anda akan mendapat 1 keping DVD installer Ubuntu yang siap pakai jika memang berminat untuk beralih dari Windows ke Ubuntu atau membuat laptop Anda menjadi dual boot, 1 laptop berisi 2 sistem operasi. 

Hangout Santai

Selain pertemuan rutin, LUG juga mengadakan hangout santai, seperti Anda pada umumnya yang nongkrong di suatu tempat dan ngobrol banyak hal. Hangout ini biasanya diadakan sebulan sekali di tempat yang berbeda – beda.

Hangout LUG Stikom Surabaya
LUG Printing

Printing adalah kegiatan yang bermaksud untuk menambah pemasukan kas. Kas ini digunakan untuk membeli fasilitas – fasilitas yang bisa Anda rasakan jika berkunjung ke ruang OSCC. Jadi, bagi Anda yang malas untuk mencari lokasi nge-print di luar Stikom sebaiknya Anda datang kesini. Prosesnya mudah kok, Anda tidak perlu membuat proposal bertanda tangan bapak rektor, cukup membawa flashdisk dan sampaikan pada pengurus yang bertugas kalau Anda mau nge-print. Semudah itu hehe….
Percetakan by LUG Stikom Surabaya

Prestasi


Ada beberapa prestasi baik internal kampus maupun eksternal yang pernah kami dapat ketika mewakili LUG Stikom. Berikut prestasi kami :
Internal
  1. Juara 1 Web Design Tahun 2012
  2. Juara 1 Web Design Tahun 2013
  3. Juara 1 Web Design Tahun 2014
  4. Juara 1 Web Design Tahun 2015
  5. Juara 1 Internal Programming Competition Tahun 2016
Eksternal
  1. Finalis lomba ITCC Udaya Tahun 2016
  2. Finalis lomba Hackathon MDK 2.0
  3. Diundang Menkomnfo Rudiantara Untuk Membahas Open BTS

Oke,.. sekian artikel tentang Linux User Group Stikom Surabaya. Dengan adanya LUG, Stikom Surabaya dapat menjadi Institut Berkualitas, Unggul dan Terkenal.

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *