Password memang dibutuhkan untuk mengamankan komputer kita dari jangkauan orang-orang yang tidak dikehendaki. Mereka yang berpotensi mengacak-ngacak isi dari komputer kita seharusnya tidak memiliki akses masuk ke akun komputer kita. Mereka harus mempunyai akun mereka sendiri dengan kewenangan terbatas, misalnya Guest. Dalam hal ini anak-anak tentunya yang berpotensi semacam itu. Password akan lebih baik jika dibuat rumit, namun juga tidak terlalu rumit. Yang akan menjadi masalah nantinya adalah ketika kita lupa akan password yang kita buat sendiri.

Dengan menggunakan password yang mudah, seperti password terbuat dari huruf dan tidak ada kombinasi simbol atau angka, maka akan lebih mudah bagi pembobol untuk memasuki akun kita. Meskipun kita lebih mudah mengingat password kita, namun memang lebih beresiko. Untuk lebih amannya, password yang digunakan haruslah rumit. Dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka dan juga ditambah dengan simbol, maka password akan kuat. Namun celakanya jika kita lupa akan password log on yang kita buat. Di Windows 7, ada sebuah fitur dimana kita dapat melakukan reset password dengan cara membuat disk reset password. Dengan bantuan flashdisk atau media penyimpanan lainnya, kita dapat membuat sebuah reset password pada saat kita lupa password log on di Windows 7.

Langkah Sederhana Membuat Disk Reset Password Windows 7 (Password Log On)

Berikut langkah sederhana bagaimana membuat disk reset password di Windows 7 :

  1. Siapkan flashdisk atau media penyimpanan lainnya dan colokan ke komputer.
  2. Masuk ke Control Panel.
  3. Masuk ke User Accounts and Family Safety > User Accounts. Atau kita dapat memasukan alamat ini di address bar control panel “Control PanelUser Accounts and Family SafetyUser Accounts” tanpa tanda petik.
  4. Pada menu dibagian samping, kita dapat melihat salah satu menu dengan nama Create a password reset disk. Maka akan muncul window Forgotten Password Wizard.
  5. Klik Next, kemudian pilih dimana flashdisk yang tadi dimasukan berada, misalnya Removable Disk (F:). Klik Next.
  6. Pada step yang muncul, kita akan diminta untuk memasukan password yang sekarang. Klik Next.
  7. Kemudian akan muncul window progres pembuatan file untuk disk reset password di flashdisk. Jika sudah 100% Complete, klik Next kemudian klik Finish.
Berikut gambar untuk memperjelas (klik untuk memperbesar).
Buat Password Reset Disk
Buat Password Reset Disk
Progres pembuatan password reset disk
Progres pembuatan password reset disk
Setelah menekan tombol Finish, kita akan mlihat sebuah file baru di flashdisk yang digunakan tadi yaitu file userkey.psw . Untuk menggunakan flashdisk yang telah dibuat password reset disk diatas adalah sebagai berikut :

  1. Jika kita gagal untuk masuk pada saat log on windows 7, maka colokan flashdisk yang sudah dibuat password reset disk tadi, kemudian restart komputer.
  2. Masukan password salah, kemudian kita akan menemukan menu Reset password… dibawah kolom password log on. Klik menu tersebut.
  3. Kita akan diminta tempat penyimpanan file userkey.psw yang tadi dibuat. Misalnya flashdisk ada di F:, maka pilih F:
  4. Kemudian kita akan diminta untuk membuat password baru, mengulanginya, dan membuat password hint. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.
  5. Setelah selesai, kita akan dilempar kembali ke halaman log on windows 7. Kali ini masukan password yang baru saja kita buat.
  6. Seharusnya kita sudah bisa masuk lagi ke windows.
Dalam percobaan, saya mencoba menggunakannya dua kali untuk akun yang sama. Dan hasilnya masih berfungsi dengan baik. Sekian saja tulisan sederhana tentang bagaimana membuat disk reset password windows 7 untuk keperluan darurat lupa password log on yang dibuat.
Bagi pembaca dipersilakan untuk berkomentar, saya akan menerima kritik maupun saran pembaca dengan senang hati. Semoga tulisan ini berguna, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *