Jika pekerjaan anda selalu mengandalkan kecepatan, maka salah satu aplikasi yang patut anda gunakan adalah Sticky Notes. Aplikasi pembuat catatan ini patut anda perhitungkan karena perkembangannya yang sangat pesat dan ditambah kemampuannya untuk menyingkronkan catatan anda ke cloud. Jika anda mengetahui dasar-dasar penggunaan Sticky Notes, anda mungkin akan beralih dari OneNote maupun Evernote.

Namun terkadang, bukan hanya Sticky Notes, aplikasi apapun dapat mengalami masalah. Beberapa pengguna Sticky Notes menghadapi masalah ketika setelah membuka aplikasi Sticky Notes, aplikasi tidak menampilkan atau memuat daftar Sticky Notes yang berisi semua catatan yang disimpan oleh pengguna yang dibuat sebelumnya. Aplikasi hanya berhenti disana dan ketika mencoba menutup dan membuka kembali aplikasi, itu tidak membantu.

Jika setelah meluncurkan Sticky Notes, anda juga melihatnya stuck di layar loading Sticky Notes, maka artikel kali ini mungkin berguna untuk anda.

Memperbaiki Sticky Notes Stuck Saat Memuat Catatan

Berikut beberapa opsi perbaikan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah Sticky Notes yang stuck saat memuat catatan.

1. Gunakan Opsi Notes List

Perbaikan ini dibagikan oleh salah satu anggota tim Sticky Notes dan telah membantu banyak pengguna. Dan inilah yang perlu anda lakukan.

  • Klik kanan pada ikon Sticky Notes yang terlihat di taskbar atau di Start menu, kemudian pilih Notes List dari daftar opsi.

  • Ini harus memuat daftar Sticky Notes dan anda akan dapat mengakses semua catatan yang disimpan.

2. Update Sticky Notes

Terkadang, masalah ada pada versi aplikasi yang sudah out of date. Jadi, mengupdate aplikasi itu adalah pilihan yang baik. Hal yang sama mungkin berfungsi saat Sticky Notes stuck di layar loading Sticky Notes. Jadi, anda hanya perlu mengupdate aplikasi Sticky Notes dan kemudian memeriksa apakah masalahnya sudah teratasi. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka aplikasi Microsoft Store.
  • Klik pada ikon See more (tiga titik horizontal) yang ada di sudut kanan atas dan pilih Downloads and Updates.
  • Periksa apakah ada beberapa update yang tersedia untuk didownload untuk Sticky Notes. Jika ya, klik ikon download yang tersedia untuk Sticky Notes. Setelah download selesai, update akan diinstall secara otomatis.

  • Setelah menginstal versi terbaru aplikasi Sticky Notes, restart PC anda dan lihat apakah masalah telah teratasi.

Meskipun Windows 10 diatur untuk secara otomatis mengupdate aplikasi yang diinstal secara default, namun beberapa pengguna ingin mematikan update otomatis untuk aplikasi Microsoft Store, dan oleh karena itu proses instalasi manual ini diperlukan.

Jika update otomatis untuk aplikasi telah diaktifkan di PC anda, maka anda tidak perlu mengikuti proses manual.

3. Jalankan Troubleshooter Windows Store Apps

Jika aplikasi tidak berfungsi dengan benar, maka troubleshooter Windows Store Apps Windows 10 dapat berguna. Dan, itu mungkin berhasil untuk memperbaiki juga masalah pemuatan Sticky Notes. Troubleshooter memeriksa masalah yang mencegah aplikasi bekerja dengan benar dan kemudian memberikan solusinya. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka aplikasi Settings Windows 10 dan pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshooter di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Windows Store Apps.
  • Klik padanya dan diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter.

  • Ini akan memulai proses diagnosis dan memberi anda solusi (jika ada).

4. Gunakan Portal Web untuk Sticky Notes

Jika aplikasi desktop Sticky Notes masih belum terbuka dan anda perlu mengakses catatan anda secara mendesak, maka anda dapat menggunakan Portal Web Sticky Notes. Karena Sticky Notes menggunakan akun Microsoft, jadi semua catatan anda disinkronkan dan disimpan di akun tersebut.

Oleh karena itu, setelah anda membuka Portal Web Sticky Notes dan masuk dengan akun Microsoft yang sama yang anda gunakan untuk aplikasi desktopnya, anda akan melihat bahwa semua catatan terlihat disana.

5. Reset Sticky Notes

Jika beberapa aplikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka mereset aplikasi tersebut membantu pengguna untuk menggunakannya kembali dengan benar. Ini mungkin berhasil untuk masalah loading Sticky Notes. Meskipun semua data aplikasi Sticky Notes akan dihapus, anda tidak perlu khawatir. Semua catatan anda akan kembali lagi setelah anda masuk dengan akun yang sama dari aplikasi Sticky Notes anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan Win + I untuk membuka Settings dan pilih Apps.
  • Di panel kanan, gulir ke bawah ke Sticky Notes, kemudian klik padanya dan klik Advanced options.

  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah dan klik Reset.

  • Konfirmasikan tindakan anda dengan menekan kembali tombol Reset.
  • Setelah proses reset selesai, buka aplikasi Sticky Notes. Masuk dengan akun Microsoft anda dan proses sinkronisasi akan dimulai. Setelah menyelesaikan proses sinkronisasi, semua catatan Sticky Notes anda akan kembali pada anda.

Semoga salah satu opsi ini berhasil untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Microsoft Whiteboard yang error di Windows 10 atau cara mengakses file di Windows 10 menggunakan OneDrive.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *