Terlanjur di SENGAT ! Ini Cara Menangani Sengatan Ikan Pari

Cara mencegah keracunan akibat sengatan ikan pari – Salam Para Mania Mancing. Tahukah Para Mania jika sengatan ikan pari dapat menyebabkan keracuna bahkan hal terparah bisa berujung kematian.

Ikan Pari: international.sindonews.com

Di dunia mancing khususnya saltwater, kita tidak bisa menebak ikan apa yang akan kita pancing dan naik ke permukaan. Hal ini juga berlaku pada para pemancing yang mungkin tidak sengaja (tidak menarget) menaikkan ikan pari ke permukaan.

Inilah tips atau cara mencegah keracunan akibat sengatan ikan pari yang kami kutip dari website mancingmania dimana mereka mengulas artikel tentang tips bagaimana merawat luka akibata sengatan ikan pari. bagaimana cara merawat luka akibat sengatan ikan Pari, berikut ulasannya.

  1. Sirami luka dengan air laut.
Ikan Pari Emas: medialuhkan.blogspot.com

Saat masih berada di air, sirami luka dengan air laut, sambil membersihkan semua fragmen dan benda-benda asing dari area luka. Gunakan pinset dari kotak P3K, jika perlu. Setelah area luka disiram hingga benar-benar bersih dan semua benda-benda asing disingkirkan, keluarlah dari air dan keringkan area luka dengan handuk bersih. Lakukan dengan hati-hati agar tidak memperparah luka Para Mania.

  • NOTICE ! Jangan mencabut fragmen yang menusuk bagian tubuh seperti leher, dada, atau perut.
  1. Kendalikan pendarahan yang terjadi.
Nelayan Lampung Timur Menagkap Ikan Pari Seberat 400 Kilo Gram : kongkrit.com

Pendarahan biasa terjadi setelah tersengat. Seperti biasa, cara terbaik untuk menghentikan pendarahan adalah menekan sumber pendarahan secara langsung atau menekan area yang terletak sedikit di atas sumber pendarahan dengan satu jari selama beberapa menit. Semakin lama Para Mania menekannya, semakin besar kemungkinan pendarahan akan mereda.

  • Jika langkah tersebut tidak cukup untuk mengendalikan pendarahan, cobalah menggunakan hidrogen peroksida bersamaan dengan menekan sumber pendarahan agar dapat membantu menghentikannya. Berhati-hatilah, hidrogen peroksida dapat menimbulkan rasa perih!
  1. Rendam luka di dalam air panas.
Sengatan Duri Ikan Pari : kaltim.tribunnews.com

Para Mania dapat menggabungkan langkah ini dengan langkah sebelumnya, yaitu menekan langsung sumber pendarahan, untuk mengendalikannya. Merendam luka di dalam air panas membantu mengurangi rasa sakit karena terjadi denaturasi pada protein kompleks di dalam racun. Suhu optimal yang disarankan adalah 45°C, tetapi pastikan jangan sampai kulit Para Mania melepuh. Rendam luka selama 30-90 menit, atau sampai rasa sakit mereda.

  1. Awasi luka untuk melihat apakah terjadi infeksi.

Saat merawat luka, Para Mania harus menjaga agar area luka tetap bersih dengan menyabun lalu membilasnya dengan air. Para Mania juga harus menjaga agar luka selalu dalam keadaan kering. Jangan tutupi luka dan oleskan salep antibiotik setiap hari. Hindari krim, losion, dan salep yang tidak mengandung antibiotik.

  • Selama beberapa hari berikutnya, perhatikan apakah area luka menjadi kemerahan, sensitif, gatal, nyeri, atau mulai membengkak atau mengeluarkan cairan keruh. Jika itu terjadi, pergilah ke pusat perawatan medis lokal atau UGD untuk mendapatkan bantuan medis segera. Para Mania mungkin membutuhkan antibiotik dan/atau pengeringan abses.

Selain itu, ini ada juga tips dari Tirto.id mengenai artikel tersengat ikan pari dan seberapa Bahaya Ikan Pari?

Hati-Hati Jangan Sampai Tersengat Ikan Pari

Pencegahan terhadap sengatan ikan pari : tirto.id

Untuk meminimalisir rasa sakit saat tersengat pari, pertolongan pertama yang dilakukan bisa dengan cara merendam luka sabetan pada air hangat. Enzim-enzim pada racun pari merupakan molekul protein yang bisa dipecah dengan cara dipanaskan. 

Untuk mencegah tersengat, jangan lupa berjalan di pantai dengan cara menyeret kaki untuk menghindari menginjak pari.

Demikianlah informasi mengenai Cara mencegah keracunan akibat sengatan ikan pari semoga bermanfaat.

Sumber artikel :

 -http://mancingmania.com/tips-merawat-luka-akibat-sengatan-ikan-pari/
– https://tirto.id/hati-hati-jangan-sampai-tersengat-ikan-pari-cEk9

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *