Aktifitas internet tentunya sering diselingi aktifitas unduh file. Dalam proses mengunduh kita dapat menggunakan software bantuan seperti Internet Download Manager dan aplikasi lain yang berfungsi sama. Namun, disaat kita tidak menggunakan aplikasi tambahan, browser yang kita gunakan yang melakukan aktifitas unduh tersebut. Seperti yang kita ketahui, menggunakan aplikasi tambahan untuk unduh file memang lebih cepat jika dibandingkan dengan mengunduh menggunakan browser yang digunakan. Tapi mungkin ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan browser sebagai alat unduh.
Permasalahnya yaitu seringkali kita lupa untuk memindahkan hasil unduhan kita ke tempat diluar partisi C. Partisi C adalah partisi instalasi windows pada umumnya. Jika kita melakukan instalasi ulang sistem operasi, maka kita akan mendapatkan partisi C diformat dan semua file yang ada di partisi C akan hilang termasuk file hasil unduhan jika kita lupa memindahkannya. Dalam hal ini harus ada trik bagaimana menyimpan file hasil unduhan di partisi selain C. Misalnya di partisi D, atau partisi lain. Jika anda menggunakan browser Google Chrome untuk melakukan unduhan, dapat diatur di menu Downloads di Settings, dan ubah tempat penyimpanannya.
Atau jika anda sulit menemukan menunya, anda dapat memasukan alamat ini di kolom address bar di google chrome.
Atau jika anda menggunakan chrome dengan berbahasa Indonesia, masukan alamat berikut ke address bar.

chrome://settings/search#lokasi%20unduhan

Ubah lokasi unduhannya ke tempat yang kita kehendaki, dan setiap kita melakukan unduh maka file unduh akan masuk ke lokasi tersebut. Jika sudah begitu, kita tidak perlu khawatir lagi ketika hendak melakukan instal ulang sistem operasi karena file unduhan berada di partisi yang telah kita tentukan sendiri. Begitulah sedikit tips bagaimana mengatur penyimpanan file unduhan di google chrome agar aman, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *