Untuk waktu yang lama, Homebrew telah menjadi tools yang berguna untuk pengguna Mac, tetapi hanya untuk pengguna Mac. Aplikasi ini menambahkan package management bergaya Linux yang memungkinkan pengguna menginstal utilitas command line dengan mudah. Sekarang, dimulai dari versi 2.0.0 dan versi yang lebih baru, aplikasi tidak lagi eksklusif untuk Mac.

Homebrew sekarang tersedia untuk pengguna Linux dan juga pengguna Windows berkat Subsystem Windows for Linux. Namun, ada satu perbedaan utama yang terletak pada nama aplikasi ini. Pada system Linux, aplikasi ini dikenal sebagai Linuxbrew.

Mengapa Menggunakan Homebrew Daripada Package Manager Distro Anda?

Ada beberapa alasan anda mungkin ingin memilih untuk menggunakan Linuxbrew daripada package manager standar system anda. Pertama, anda tidak perlu menggunakan perintah sudo untuk menginstall package. Anda bahkan tidak perlu hak root untuk menginstallnya. Package diinstal di direktori home anda atau direktori home khusus Linuxbrew.

Alasan lain untuk menggunakan Homebrew/Linuxbrew adalah anda mungkin ingin menggunakan package manager yang sama pada system yang berbeda. Dalam hal ini, anda tidak perlu mengingat perintah tertentu untuk Ubuntu, beberapa untuk Mac dan satu set lainnya untuk Windows.

Persyaratan System

Di bagian Linuxbrew dari website Homebrew, daftar ini mencantumkan beberapa persyaratan system, yang sebagian besar system yang relatif modern seharusnya tidak mengalami kesulitan untuk memenuhinya.

  • GCC 4.4 atau lebih baru
  • Linux 2.6.32 atau yang lebih baru
  • Glibc 2.12 atau yang lebih baru
  • 64-bit x86_64 CPU

Tidak ada dukungan untuk system 32-bit saat ini, jadi jika anda menjalankan system yang lebih lama, anda mungkin kurang beruntung. Ada juga beberapa dependensi yang harus diinstal.

Install Dependensi Linuxbrew

Untuk Ubuntu atau system berbasis Debian lainnya, anda dapat menginstal semua yang dibutuhkan Homebrew untuk dijalankan dalam satu perintah. Gunakan perintah dibawah ini.

Untuk Fedora, CentOS atau Red Hat, gunakan perintah berikut sebagai gantinya.
Install Linuxbrew
Seperti halnya dependensi, anda dapat menginstall Linuxbrew dengan satu perintah. Ini mendownload dan menjalankan skrip installer dari repositori GitHub Linuxbrew.

Website Linuxbrew merekomendasikan untuk menjalankan perintah berikut untuk menambahkan aplikasi ke profil bash anda.
Jika perintah di atas tidak berfungsi setelah anda keluar dari dan kembali ke shell pilihan anda, maka tambahkan baris perintah berikut ke “~/.bashrc,” “~/.zshrc,” atau konfigurasi shell relevan lainnya.
Sekarang anda siap mencoba menggunakan Linuxbrew untuk memasang package. Installer merekomendasikan untuk menginstall gcc, jadi mulailah dengan itu.
Menggunakan Linuxbrew
Seperti yang terlihat di atas, perintah paling sederhana adalah brew install diikuti dengan nama package yang ingin anda install. Untuk mencari package yang tersedia, yang oleh Homebrew disebut sebagai “formula,” maka anda dapat menggunakan pencarian minuman diikuti dengan namanya. Untuk memperlihatkan detail formula tertentu, gunakan info minuman diikuti dengan namanya. Akhirnya, brew update mengupdate Linuxbrew serta formula yang diinstal.

Jika instalasi Linuxbrew anda tidak berfungsi dengan benar, atau anda tidak yakin, satu perintah yang perlu diketahui adalah brew doctor. Jika semuanya baik-baik saja, maka perintah akan mengatakan Your system is ready to brew. Jika ada yang salah, perintah akan memberi anda gambaran tentang dimana harus mulai memperbaiki masalah. Untuk perintah lainnya, lihat dokumentasi Homebrew, tetapi sebagian besar hal di atas harus anda ketahui.
Sekian dan semoga membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki penggunaan CPU yang tinggi di Linux atau 8 tools modifikasi Linux Distro dengan mudah. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!
Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *