Cara review buku
Cara mereview buku

Tak dapat dipungkiri kegiatan mereview buku menjadi salah satu kegiatan yang jarang dilakukan orang untuk mengisi waktu luang khusunya di Indonesia. Kebanyakan dari mereka mereview sebuah buku hanya karena tuntutan tugas yang diberikan guru atau dosen. Salah satu penyebabnya adalah mereka bingung bagaimana cara mereview buku. Harus mulai dari mana, apa saja yang harus ditulis dan banyak hal lain yang menjadi hambatan dalam mereview buku. Terlebih bagi mereka yang memang tidak terlalu suka membaca buku, akan kesulitan dalam melakukan kegiatan ini.

Dilansir dari penerbitbukudeepublish.com kegiatan mereview buku ini sering dilakukan oleh masyarakat di luar negeri. Kegiatan mereview buku ini merupakan hal yang biasa mereka lakukan dan menjadi trend hingga saat ini. 

Namun semenjak adanya media sosial, kegiatan mereview buku sudah banyak dilakukan orang. Biasanya hasil review tersebut dipublikasikan secara bebas di media sosial masing-masing. Saat ini trend mereview buku di Indonesia sudah berkembang. Melihat potensi tersebut Kangenge pun tertarik untuk menulis sebuah artikel yang berisi bagaimana cara mereview buku yang baik dan benar. Panduan ini merupakan hasil dari riset yang Kangenge lakukan. Kedepannya mungkin Kangenge akan membuat infografis mengenai panduan cara review buku ini agar lebih mudah dipahami. Ditunggu saja, yaa!  

Pengertian Review Buku

Sebelum lanjut ke materi pokoknya, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu beberapa informasi dasar dari review sebuah buku.

Review buku terdiri dari dua kata. Yang pertama review berasal dari bahasa Inggris yang berarti mengulas atau ulasan. Ulasan sendiri dalam KBBI diartikan sebagai kupasan, tafsiran atau komentar. Sedangkan buku berarti lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong ataupun bisa diartikan sebagai kitab. 

Sehingga jika kita rangkai didapatkan bahwa review buku adalah sebuah kegiatan mengupas, mentafsirkan, atau memberikan komentar pada sebuah buku.

Mengulas sebuah buku berarti kita memberikan komentar sesuai sudut pandang masing-masing terhadap sebuah buku yang kita baca. Misalnya Kangenge mereview sebuah buku. Berarti Kangenge mengulas buku tersebut, mengomentarinya, apa saja kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut dan sebagainya. Tentu mengomentarinya pun harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Tidak untuk menjatuhkan namun untuk memberikan tanggapan saja.

Persiapan Sebelum Mereview Buku

Sebelum mereview sebuah buku, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal-hal ini bisa menjadi faktor penentu bagaimana caranya menyusun review buku tersebut.

Baca juga: Contoh Mereview Buku yang Baik

Baca buku yang sudah direview

Sebelum mereview sebuah buku coba kamu baca-baca terlebih dahulu hasil review buku yang dibuat orang lain. Setelah itu coba kamu baca buku tersebut. Pahami bagaimana cara orang tersebut mengulas isi buku tersebut. Kegiatan ini merupakan langkah awal sebelum membuat sebuah ulasan buku sehingga nantinya kamu tidak akan kebingungan bagaimana caranya menyusun sebuah review buku. 

Bedakan penulisan review buku umum, buku pendidikan ataupun buku sastra

Buku-buku tersebut harus diulas secara berbeda karena tujuan dari buku-buku tersebut juga berbeda. Hal ini penting jangan sampai kamu salah menilai sebuah buku. Nantikan akan terjadi misinformasi terkait isi buku tersebut.

Baca juga: Contoh Paragraf Fakta dan Opini

Pilih buku yang menarik

Subjektif memang, namun hal ini menjadi salah satu bagian yang harus diperhatikan. Pemilihan buku diperlukan untuk memberikan gambaran bagaiamana review bukumu nanti. Pilihlah buku sesuai genre yang biasa kamu baca sehingga kamu bisa membandingkan dengan buku lain yang genre-nya sama. Hal ini bisa mempermudah dalam mengulas dan mengomentari isi bukunya. 

Panduan Membaca Buku yang akan di Review

Ada beberapa tips dalam membaca buku yang akan direview, diantaranya:

Baca daftar isi dan sinopsisnya terlebih dahulu

Sebelum memulai membaca buku secara keseluruhan, coba baca sinopsisnya terlebih dahulu. Setelah itu coba perhatikan daftar isinya. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran bagaimana isi buku tersebut.

Rileks ketika membaca buku

Hadirkan perasaanmu ketika membaca buku. Rileks dan nikmatilah. Temani membacamu dengan secangkir teh dan biskuit jika perlu. Namun jangan sampai perhatianmu teralihkan. Tetap fokus dan membacalah.

Amati tiap alur dan peristiwanya

Amati dan nikmatilah setiap alurnya. Gambarkan bagaimana setiap alur tersebut terjadi. Bayangkan jika kamu berada dalam situasi tersebut. Coba hanyutkan pikiranmu untuk menikmati isi cerita buku tersebut. 

Selain itu jiga ingin lebih mudah coba review buku itu bab per bab. Amati alurnya per bab. Lalu bandingkan dengan bab lainnya.

Amati gaya bahasa dan penyampaiannya

Amati juga bagaimana gaya bahasa yang digunakan penulis buku tersebut. Pahami bagaimna penulis buku tersebut menerangkan cerita demi ceritanya. Juga bagaimana cerita tersebut disusun.

Buat catatan kecil

Buatlah catatan kecil seputar isi buku. Catatan ini berguna untuk membantumu dalam proses penyusunan tulisan review bukumu nanti.

Cara Review Buku

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku mengenai bagaimana cara menyusun sebuah ulasan tentang sebuah buku. Terlebih, tujuan utama dari mengulas buku adalah untuk memberitahukan kepada calon pembaca bagaimana isi dari buku bacaan tersebut menurut pembuat review. Panduan menulis review buku ini buat agar tulisan ulasanmu itu rapi dan terstruktur.

Tulis identitas buku

Awali tulisan ulasan bukumu dengan identitas bukunya. Cantumkan judul bukunya, nama penulisnya, tahun terbit, penerbit, jumlah halaman, ISBN, translator (jika buku hasil terjemahan) dan harga. Sisipkan juga gambar cover buku tersebut. 

Tulis ringkasannya

Selanjutnya setelah menuliskan identitasnya, tulis juga ringkasannya. Ceritakan isi buku tersebut seringkas mungkin. Agar nantinya pembaca tidak perlu terlalu lama untuk memahami ulasan bukumu.

Baca juga: Unsur Intrinsik dan Amanat Hikayat Bayan Budiman

Tuliskan apa saja yang kamu suka dari buku tersebut

Dalam mereview buku, ungkapan-ungkapan yang kamu sukai menjadi hal yang penting. Beritahukan kepada pembaca apa saja yang kamu suka dan kamu rasakan ketika membaca buku tersebut. Tuliskan juga bagian terfavorit dari buku tersebut. Misalnya tokohnya, suasananya, endingnya, atau bahkan penulisnya.

Gambarkan gaya kepenulisan, alur dan settingnya

Selanjutnya deskripsikan bagaimana penulis menyampaikan isi buku tersebut. Ceritakan juga bagaimana penggambaran settingnya, bagaiman alurnya dan sebagainya. Ceritakan juga bagaimana perasaanmu ketika mengetahui endingnya.

Namun perlu diperhatikan, kurangi spoiler. Karena spoiler tidak disukai pembaca review bukumu. 

Tulis kesimpulannya

Selanjutnya yang terakhir dalam mereview sebuah buku adalah menuliskan kesimpulan. Tuliskan kesimpulan hanya dalam beberapa paragraf saja. Jangan terlalu panjang. Berikan juga penilaian dan apa alasannya. Tulis juga penilaianmu dengan angka, misalnya 7/10 atau 3/5. 

Selanjutnya rekomendasikan untuk siapa buku ini ditujukan. Kemukakan pendapatmu mengapa buku ini direkomendasikan kepada mereka. Selain itu kemukankanlah kepada siapa buku ini tidak direkomendasikan. Jangan lupa cantumkan juga alasannya.

Penutup

Setelah mengetahui cara mereview buku yang baik dan benar tersebut, selanjutnya lakukanlah apa yang kamu dapatkan dari artikel ini. Karena jika kita tidak mencobanya maka tidak akan mengerti. Cobalah untuk terus membuat review buku. Tunjukan kepada keluargamu atau temanmu. Minta saran kepada mereka.

Sekian artikel tentang panduan cara mereview buku. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih selamat mencoba!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *