Perbedaan laporan dengan karya ilmiah
Perbedaan laporan dengan karya ilmiah
Selamat datang para learners di blog Ilmu Sekolahan. Pada kesempatan kali ini Kangenge akan berbagi informasi mengenai perbedaan laporan dengan karya ilmiah secara lengkap. Tentunya isi dari artikel ini lumayan panjang sehingga jika ingin langsung ke perbedaanya bisa diklik tombol daftar isi di kanan atas itu.    

Perbedaan laporan penelitian dan karya ilmiah bisa dilihat dari berbagai aspek diantaranya dari aspek pengertiannya, dari aspek tujuannya dan dari aspek fungsinya itu sendiri. 

Namun sebelum kita membahas mengenai apa saja perbedaan antara laporan dan karya ilmiah, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu berbagai informasi mendasar mengenai kedua bentuk teks tersebut agar lebih paham.

Laporan

Pengertian laporan

Laporan merupakan sebuah penyajian yang meyajikan beragam fakta terkait kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau pelapor kepada yang ingin dilaporkan, misalnya bawahan yang membuat laporan kegiatan untuk atasannya. Atau bisa juga kepada instansi terkait misalnya seorang mahasiswa menyerahkan laporan penelitian untuk universitasnya karena sudah melaksanakan kegiatan tertentu. 

Intinya laporan ini berisi fakta-fakta yang telah terjadi yang harus dilaporkan kepada pihak tertentu, misalnya laporan kegiatan yang berisi pertanggung jawaban dari hal-hal yang sudah dilaksanakan sesuai dengan proposal kegiatan. Atau laporan penelitian terkait penelitian yang sudah dilaksanakan seseorang.

Laporan juga bisanya digunakan untuk mengevaluasi suatu kebijakan tertentu yang sudah dilaksanakan.

Tujuan laporan

Sebelumnya sudah Kangenge singgung bahwa salah satu tujuan dibutnya laporan adalah untuk mengevaluasi suatu kebijakan tertentu yang sudah dilaksanakan, namun lebih dari itu ada beberapa tujuan lain berkaitan dengan pembuatan laporan ini.

Dikutip dari blog.unnes.ac.id pembuatan laporan memiliki beberapa tujuan antara lain:

  1. Laporan dibuat untuk mengenal masalah karena laporan dibuat berdasarkan fakta-fakta yang ada;
  2. Laporan dibuat untuk mengusulkan beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah;
  3. Laporan dibuat untuk membuat rekaman tentang suatu peristiwa; dan
  4. Laporan dibuat dengan tujuan untuk membuat suatu kesimpulan.

Fungsi laporan 

Secara khusus, laporan dibuat sebagai dasar penentuan suatu arah kebijakan yang dibuat oleh pimpinan. Intinya laporan tersebut menjadi salah satu bahan evaluasi bagaimana kebijakan tersebut dilaksanakan sehingga nantinya menjadi bahan perencanaan kegiatan selanjutnya.

Jenis-jenis laporan

Laporan memiliki beberapa jenis dengan beberapa dasar perbedaan, diantaranya berdasarkan isinya, berdasarkan waktunya, berdasarkan bentuknya, berdasarkan penyampaiannya, dan berdasarkan sifatnya. 

Namun pada postingan ini hanya satu yang akan dibahas yaitu berdasarkan isinya. Mungkin nanti Kangenge akan membuat artikel yang membahas tentang laporan secara lengkap, mungkin.

Berdasarkan isinya laporan dibagi menjadi dua yaitu:

Laporan ilmiah

Laporan ilmiah merupakan laporan yang disusun berdasarkan teori tertentu dan melalui tahapan metode ilmiah. Laporan ilmiah ini tentu bersifat objektif dan ilmiah karena sudah melalui metode penelitian. Misalnya laporan penelitian.

Yang kedua yaitu…

Laporan teknis

Laporan teknis merupakan laporan yang berisi hal-hal teknis terkait penyelenggaraan suatu kegiatan. Laporan teknis juga dikenal sebagai laporan pertanggung jawaban. Misalnya “Laporan Pertanggung Jawaban Penyelenggaraan Peringatan HUT RI ke-74” 

Baca juga: Proposal Kegaiatan 17 Agustusan

Setelah memahami apa itu laporan selanjutnya Kangenge akan menjelaskan mengenai informasi dasar seputar karya ilmiah.

Karya Ilmiah

Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan laporan tertentu yang memuat suatu hasil penelitian atau pengkajian terhadap sesuatu yang disusun secara sistematis, logis dan memenuhi kaidah ilmu pengetahuan. Dari namanya saja tentu karya ilmiah ini bersifat ilmiah karena sudah melalui suatu kaidah ilmu pengetahuan tertentu.

Ada beberapa ahli yang berpendapat mengenai pengertian karya ilmiah. Dikutip dari idcloudhost.com menurut Eko Susilo pengertian karya ilmiah yaitu suatu karangan atau tulisan yang ditulis berdasarkan sifat keilmuannya yang didasari dari hasil pengamattan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu kemudian disusun berdasarkan metode tertentu dan sistematika penulisan yang bersantun serta isinya dapat dipertanggung jawabkan keilmiahannya.

Sedangkan menurut Dwiloka dan Riana, karya ilmiah merupakan suatu karya seseorang yang hendak membagun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang ia dapatkan dari literatur, pengalaman dan penelitian.

Dari beragam pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa karya ilmiah merupakan suatu karya yang dibuat seseorang atau kelompok berdasarkan ilmu dan kaidah tertentu sehingga keilmiahannya dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Makalah Memperkuat Komitmen Kebangsaan

Tujuan karya ilmiah

Secara sederhana karya ilmiah bertujuan untuk mengedukasi pembaca mengenai suatu permasalahan tertentu. Sedangkan secara khusus bisa saja pembuatan karya ilmiah ini untuk memnuhi tugas tertentu misalnya tugas sekolah atau perkuliahan.

Adapun tujuan lain dari pembuatan karya ilmiah antara lain:

  1. Mengungkapkan fakta-fakta terkait permasalahan yang dibahas
  2. Sebagai sarana penyampaian informasi ke masyarakat yang lebih luas lagi
  3. Melatih pengetahuan dan keterampilan seputar penelitian
  4. dsb.

Fungsi karya ilmiah

Karya ilmiah mempunyai beberapa fungsi diantaranya:

  1. Sebagai sarana untuk menyebarkan informasi yang lebih luas lagi kepada masyarakat terkait permasalahan tertentu
  2. Menambah pengetahuan tertentu seputar permasalahan yang dibahas
  3. Menumbuhkan etos ilmiah
  4. Sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya
  5. dsb.

Perbedaan Laporan dan Karya Ilmiah

Selanjutnya masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai apa saja perbedaan laporan dengan karya ilmiah bila dilihat dari berbagai aspek. Diantaranya:

Perbedaan dari pengertiannya

Yaa, walaupun masih tergolong mirip namun pengertian laporan dan karya ilmiah memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak dari beberapa kata kunci seperti pada laporan “fakta terkait kegiatan” sedangkan dalam karya ilmiah “hasil penelitian atau pengkajian”.
Sudah terlihat bahwa laporan cenderung membahas seputar teknis kegiatan sedangkan karya ilmiah terkait hasil penelitian/ pengkajian.

Perbedaan dari maksud dan tujuannya

Perbedaan inilah yang menjadi pembeda paling besar diantara kedua jenis teks tersebut. Pembuatan laporan cenderung untuk melaporkan hal-hal teknis terkait pelaksanaan kegiatan misalnya rangkaian acara yang dijalankan, beban biaya yang dikeluarkan dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam karya ilmiah memuat hasil dari kegiatan penelitian/ kajian yang dilaksanakan. Misalnya hasil penelitian pengamatan terhadap pertumbuhan kacang hijau. Berarti dalam karya ilmiah tersebut berisi bagaimana kacang hijau tersebut tumbuh, apa saja faktornya, apa saja yang menghambatnya dan lain sebagainya. 

Baca juga: Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

Perbedaan dari fungsinya

Perbedaan lain pun bisa dilihat dari fungsinya. Fungsi laporan biasanya untuk melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan kepada seseorang atau instansi yang mengeluarkan kebijakan.

Misalnya dalam lingkungan Rukun Warga, para remaja karang taruna yang tergabung dalam kepanitiaan pelaksanaan 17 Agustusan membuat laporan yang ditujukan untuk seluruh warga RW tersebut yang diwakili oleh ketua RW. Artinya ketua RW lah sebagai penerima laporan dan remaha karang taruna sebagai pemberi laporan terkait telah dilaksanakannya kegatan 17 Agustusan.

Sedangkan karya ilmiah dibuat untuk keperluan ilmu pengetahuan atau untuk sekedar memenuhi tugas yang diberikan oleh guru ataupun dosen.

Kesimpulan

Dari pengertiannya saja sudah berbeda antara laporan dengan karya ilmiah. Masing-masing dari teks tersebut memuat maksud, tujuan dan fungsinya masing-masing. Adapun persamaan dari laporan dan karya ilmiah bisa dilihat dari fakta yang terjadi dilapangan.

Laporan dan karya ilmiah sama-sama memuat fakta-fakta yang memang terjadi di lapangan. 

Sekian artikel mengenai perbedaan laporan dengan karya ilmiah semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan. Terima kasih selamat belajar!

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *