Seringkali kita membutuhkan setting cepat internet protocol atau IP di komputer kita. Demi untuk menyeragamkan kelas IP di lingkungan jaringan komputer dimana kita berada. Misalnya saja untuk menghubungkan komputer kita ke internet maka kita harus menghubungkannya terlebih dahulu ke hub jaringannya.
Dari berbagai hal pengaturannya yaitu, internet protocol, subnet mask, dan default gateway. Pengaturan biasanya mencakup tiga hal tersebut, namun ada pula yang mengatur domain name servernya. Di Windows, sebenarnya kita tentunya sudah tahu bagaimana mengatur IP address menggunakan fitur setting dengan tampilan graphical user interface (GUI).
Disamping itu ada cara mudah setting ip address LAN dengan menggunakan command prompt. Dengan memberikan sedikit perintah di command prompt, maka ip address local area network komputer akan berubah.

Langkah Mudah Mengubah IP address LAN Menggunakan Command Prompt

Berikut langkah mudahnya.
  1. Command prompt dibuka dengan mode administrator dengan cara tekan tombol windows dan kemudian klik kanan pada icon command prompt dan pilih Run As Administrator.
  2. Ketikan perintah berikut netsh interface ip set address name=”Local Area Connection” static 10.19.4.6 255.255.255.0 10.19.4.1
  3. Untuk setting domain name server-nya dengan perintah berikut netsh interface ip set dns name=”Local Area Connection” static 8.8.8.8

Langkah Mudah Setting IP Address Otomatis (DHCP)

Berikut langkah mudahnya.
  1. Command prompt dibuka dengan mode administrator dengan cara tekan tombol windows dan kemudian klik kanan pada icon command prompt dan pilih Run As Administrator.
  2. Ketikan perintah berikut netsh interface ip set address name=”Local Area Connection” source=dhcp
  3. Untuk setting dns-nya ketikan perintah berikut netsh interface ip set dnsservers name=”Local Area Connection” source=dhcp
Berikut ini gambar bagaimana menjalankan command prompt dalam mode administrator.
Run As Administrator Command Prompt
Command Prompt Run As Administrator
Tentunya dengan menggunakan command prompt kita tidak perlu lagi membuka control panel dan semacamnya. Dengan menggunakan command prompt akan lebih cepat dalam pengaturan IP address komputer kita. Tentunya jika kita mensiasatinya dengan menyimpan perintah tadi di notepad atau program semacamnya. Jadi, disaat kita membutuhkannya kita dapat membukanya dan copy kemudian paste di command prompt.

Sekian saja bagaimana cara melakukan pengaturan ip address menggunakan aplikasi command prompt, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share to
Categories: Blogging

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *