Travel Blogger Padang @Indonesia

Pantai Indah di kota padang
Pantai Indah di kota padang – Image by padang.go.id

Banyak sekali keindahan yang perlu di sajikan kepada traveller yang hendak mengunjungi Padang. Percayalah…saya tak bohong!

Bahkan saya sendiri heran, kenapa kota padang yang begitu banyaknya spot wisata namun banyak warganya yang keluar untuk merantau?

Preview Spot Wisata Padang

Pantai Padang – Image by https://www.google.com/maps/contrib/110480337980372112299

Ada 19 pulau kecil yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Padang. 19 pulau tersebut tersebar pada 3 Kecamatan.

Pulau terbesar adalah Pulau Bintangur seluas 56,78 ha, kemudian pulau Sikuai seluas 48,12 ha dan Pulau Toran di seluas 33,67 ha.

Selain Pulaunya, Kota Padang juga memiliki banyak sungai, yaitu 5 sungai besar dan 16 sungai kecil. Sungai yang terpanjang adalah sungai Batang Kandis.

Batas Kota Padang sebelah Selatannya adalah Kabupaten Pesisir Selatan, berikut video keindahan sewaktu saya berkunjung ke spot wisata disana yang terkenal yaitu pantai carocok di Painan.

Oke lanjut ya, kita bicara tentang travel blogger.

Travel blogger adalah orang yang mendokumentasikan dan menceritakan kembali kisah perjalanannya melalui suatu media online seperti website, social media dan video.

Sederhananya seperti itulah makna dari travel blogger versi saya.

Namun jika anda ingin mengetahui lebih jauh maka perlu kita pisahkan antara blogger dan traveller.

Apa itu Blogger?

Blogger bisa kita tarik sejarahnya pada sebuah blog gratis milik google sejak 2003 lalu yang beralamat di blogger.com dan yang menggunakannya akan mendapatkan nama blognya menjadi namablogku.blogspot.com Namun pada perkembangannya, blogger sekarang ini memiliki makna lebih luas.

Mulai dari penamaan blog bisa langsung menjadi namawebku.com dan base kode web yang digunakan tidak hanya sebatas blogger namun juga dari CMS WordPress dan bahkan ada juga yang menggunakan manual koding sendiri.

Bahkan lebih luas lagi saat ini, hanya dengan memiliki akun media sosial seperti instagram dan facebook pun sudah di labeli dengan travel blogger jika di kontennya banyak memiliki dokumentasi dan info cerita travelingnya.

Kemudian penyebutan blogger terhadap seseorang juga lebih luas maknanya bahwa blogger adalah orang yang memiliki website atau social media pribadi.

“Traveler, Backpaker, Turis”

Traveller adalah orang yang sering bepergian dari suatu daerah ke daerah lain baik dalam negara yang sama maupun ke negara lain.

Bisa jadi karena hobinya memang senang dengan bepergian atau karena tugas kantor yang di waktu kosongnya kemudian di barengi dengan mendokumentasikan dan menceritakan ulang kisahnya melalui website atau social media pribadinya.

Berbicara tentang hobi, Hobi saya selain memancing juga spearfishing yaitu freediving di laut dengan memanah Ikan. Melanjutkan cerita tentang traveller diatas, bisa kita uraikan dalam sebuah paparan sederhana berikut.

Contoh sederhananya seperti ini, ketika saya dan teman-teman pergi memancing di laut Padang.

Saya menjalani beberapa aktifitas sekaligus seperti: hobi, menghasilkan uang dari konten youtube, membantu perekonomian nelayan yang di sewa kapal mancingnya, membawa ikan hasil mancing buat keluarga di rumah dan bahkan membantu promosi kapal mancing dan rumah makan setempat yang masuk di video bahkan tidak hanya itu tempat saya langganan memarkir mobil atau motor pun terkena imbas pendapatannya bertambah.

Video ketika saya pergi memancing di laut

Travel Blogger Membantu Promosi Pariwisata Kota Padang

Peran travel blogger cukup signifikan dalam mempromosikan pariwisata di suatu daerah, namun agar hal ini optimal perlu juga di ketahui media yang pas agar potensi pariwisata daerah makin optimal sesuai sasaran pemasarannya.

Seperti inilah Peran Travel Blogger :

    • Orang jadi tau bahwa di suatu daerah ada suatu tempat wisata, contohnya saja lokasi wisata di Padang banyak di ulas oleh beberapa website traveller.
    • Orang jadi tau bagaimana rute menuju lokasi wisata di padang tersebut, misalnya untuk berwisata dari bandara di kota Padang kita bisa naik mobil travel yang biayanya sekian atau bisa ikut paket wisata yang banyak di sediakan. Orang bisa mengetahui biaya dan lama perjalanan yang di sampaikan oleh pengulas wisata berupa info biaya baik itu biaya tiket transportasi atau tiket masuk wisata dan juga berapa lama menjangkau lokasi tersebut.
    • Orang bisa mengetahui biaya penginapan di sekitar lokasi wisata di kota Padang yang ujung-ujungnya juga membantu menaikkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat
    • Menunjukkan pada dunia foto-foto indah destinasi wisata tersebut, ketahuilah bahwa hanya dengan foto orang akan terpana dan penasaran untuk merasakan langsung keindahan pesona wisata di suatu daerah.
    • Dengan banyaknya wisatawan tentu akan membantu pendapatan daerah pemerintah setempat dan akan berpengaruh pada peningkatan suatu kota menjadi lebih dikenal.
    • Masih banyak lagi keistimewaan lainnya dengan ulasan dari para travel blogger ini.

Sehingga tidak bisa disangkal bahwa salah satu resource terbesar yang turut serta membantu promosi pengembangan pariwisata di Indonesia adalah para blogger.

Anda bisa menghubungi saya jika anda membutuhkan info lebih lanjut tentang program kerjasama peningkatan pariwisata daerah melalui pemasaran online di Internet.

Kesimpulan “Manfaat Menjadi Travel Blogger” :

Para traveller ini yang kemudian kita sebut travel blogger, mereka berkunjung ke sebuah lokasi wisata di daerah tertentu, kemudian menuliskan semua history perjalanannya baik dari persiapan apa saja, rute menuju lokasi, naik kendaran atau moda transportasi apa, harga-harga baik itu masuk ke wisata atau biaya penginapan, review fasilitas serta informasi lain yang perlu di ketahui oleh pembaca.

Tentu hal ini turut serta membantu semua pihak: baik pemerintah derah, pengusaha penginapan, transportasi, pengusaha kuliner, dan UKM yang pada akhirnya membantu sebuah lokasi wisata baru di sebuah daerah bisa ramai di kenal dan dikunjungi oleh para wisatawan atau bahasa kerennya saat ini adalah “Branding”.

Publish Content

      • Sedikit cerita dari saya tentang hobi dan aktifitas IT yang saya kerjakan.
Nikmatnya memancing ikan dari atas perahu di tengah laut dalam
Foto saya saat mikmatnya memancing ikan dari atas perahu di tengah laut dalam

Di channel youtube pribadi, saya menuliskan:

“semakin jauh sy melangkah, semakin sy faham akan makna kampung halaman, makna keluarga, makna kerinduan, makna kasih sayang, dan makna menjadi seorang hamba”

Untuk website www.margondaweb.com ini berisi berbagi informasi tentang jasa IT, info wisata, serta sesekali juga menorehkan tulisan tentang isi pikiran, lokasi dan perjalanan yang pernah saya lalui, cerita hobi, dan kisah lainnya baik itu pengalaman sendiri, atau informasi yang sudah umum di ketahui.

Sesekali kadang saya curhat….

Senang rasanya berbagi tentang apa saja melalui blog yang sederhana ini… Namanya hobi ya memang selalu merasa terpanggil, entah kenapa saya sangat nyaman dengan petualangan yang berkaitan dengan laut. Melihat laut dan ombaknya dari gugusan pulau-pulau yang indah.

Menikmati alam bawah laut dengan snorkeling serta mengambil sedikit hasil laut dengan spearfishing dan memancing. Bolehlah bagi anda yang juga hobi dapat mengajak saya bersama berpetualang…

Content Creator

        • Dosen paruh waktu dengan tema ekonomi dan islamic finance
        • Content Creator Youtube
        • Digital Agency atau pemasaran online beberapa perusahaan swasta.
        • Sejak 2011 hingga sekarang banyak membantu UKM dan perusahaan dalam jasa pembuatan website
        • Terkadang jika ada permintaan, juga pelatihan membuat website mudah dan cepat tanpa pemrograman dengan domain dan hosting sendiri
        • Traveling Mancing, snorkeling dan spearfishing ke berbagai laut di Indonesia

Daerah Menapak di Indonesia

Beberapa daerah Indah dan mempesona akan wisatanya di Sulawesi selatan tentunya sebagai kampung halaman saya juga (Palopo, Soroako, Masamba, Malili, Enrekang, Tana Toraja, Sinjai, Soppeng, Pare-pare, Makassar, Takalar) Pernah juga berkunjung dan mengisi materi ke Ambon dan Ternate Maluku Utara, serta berkunjung ke Kepulauan Sula – daerah di sana sangat indah pariwisata lautnya, tak lupa saya makan ikan di pinggir laut sedapnya mantab.

Berkeliling di daerah jawa dari Solo, Wonogiri, Jogja, Bandung, dll Faham betul daerah Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, 11 tahun saya tinggal di Depok dan sering berkeliling daerah – daerah tersebut…

Mengunjungi Lampung, Bengkulu (memancing di pinggir laut tak jauh dari pelabuhan), Riau [masuk ke pedalaman perkebunan kelapa sawit], Padang dan pesisir selatan [memancing di indahnya laut painan] Sering Bacpacker ke painan, pesisir selatan, indah benner lautnya disini. Banyak menjelajahi laut di daerah Padang dengan memancing di perairan selat malaka. Selain itu sesekali menyelam dan menembak ikan segar untuk di konsumsi.

Foto saat spearfishing atau menyelam dan menembak ikan
Foto saat spearfishing atau menyelam dan menembak ikan di Danau Toba

Kolaborasi

Saya sangat senang karena anda sudah menyisihkan waktu berkunjung dan membaca di blog ini, dan bila anda ingin berkolaborasi seperti training digital marketing seperti facebook ads, ig ads, google ads, pembuatan dan pengelolaan website atau anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada saya untuk di publikasikan.

Sudilah kiranya untuk menghubungi saya:

Salam Travel Blogger Padang Indonesia – Isyan

    Share di

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *